Kalapas Suliki, Kamesworo hadiri Rakor kehumasan Ditjespas

IMG-20240927-WA0027.jpg
Kalapas Suliki, Kamesworo hadiri Rakor kehumasan Ditjespas
Benuanews.com,-Jajarta Lembaga Pemasyarakatan kelas III Suliki, diundang menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (rakor) dalam rangka Perkuat sinergi dalam membangun citra Pemasyarakatan di mata publik, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dalam rangka Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan Tahun 2024. Kegiatan bertajuk “Sinergi Merajut Citra Pemasyarakatan yang Berdampak” #HumasBergerakBersama ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga, di Jakarta, Selasa (24/9).
Kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta dari 54 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Ditjenpas. Turut terhubung secara virtual seluruh UPT dan Divisi Pemasyarakatan se-Indonesia.
Reynhard menyebut sinergi menjadi kunci pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan yang makin kompleks dan menantang, termasuk dalam membangun persepsi dan citra di mata publik. Dibutuhkan komitmen, kepedulian, dan kerja sama seluruh jajaran, terutama Hubungan Masyarakat (Humas).
Menurut Reynhard, citra positif bukan hanya soal bagaimana masyarakat melihat institusi Pemasyarakatan, tetapi juga tentang bagaimana Pemasyarakatan dapat membangun kepercayaan dan dukungan dari masyarakat untuk setiap program dan kebijakan yang dijalankan. Untuk itu, dibutuhkan sinergi demi publikasi yang lebih luas dan optimal.
“Publikasi yang dibuat bukan hanya untuk internal, tetapi juga eksternal. Kita perlu membuat kemasan yang menarik agar apa yang sudah dilakukan Pemasyarakatan bisa terinformasikan kepada masyarakat. Masyarakat perlu tahu kalau di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kita melakukan pembinaan, juga capaian-capaian lainnya,” terang Reynhard.
Plt. Dirjenpas menegaskan setiap langkah, jalan, dan pesan yang disampaikan harus menggambarkan komitmen terhadap transparansi, akuntabilitas, dan pelayanan masyarakat yang berkualitas. “Para agen informasi dan publikasi kita bentuk ini akan menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi yang akurat, faktual, dan inspiratif tentang Pemasyarakatan,” tegasnya.
Kepala lapas kelas III suliki mengatakan bahwa di sumatera barat perwakilan nya dipilih lapas suliki untuk hadiri rakor kehumasan di jakarta.
“Dengan kegiatan ini tentunya kami semakin semangat untuk terus produktif dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan dan publikasi di lapas suliki” ucapnya (Julian)
scroll to top