ITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN  KOMERING ILIR   – PROVINSI SUMATERA SELATAN

literasi-5-2.jpeg

Rabu, 1 Desember 2021, Jam 13.00 WIB

Sumsel benuanews.com | Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Mhd Yazid, S,H.I., M.H menjelaskan Digital Skills adalah kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK serta sistem operasi digital. Seperti contoh: Pengetahuan dasar mengenai landscape digital, Pengetahuan dasar mengenai mesin pencarian informasi, cara penggunaan dan pemilihan data, pengetahuan dasar mengenai aplikasi percakapan dan media sosial. Menurut Hindun Mila Hudzaifah, M.Tr.Keb menjelaskan  Secara sadar maupun tidak setiap hari kita telah meninggalkan jejak di dunia maya melalui unggahan kita, komentar, situs laman dan media sosial yang kita kunjungi. Aktivitas itu termasuk memasukkan data pribadi, mengirim pesan dan lain sebagainya. Semua itu menjadi rekam jejak digital yang akan tersimpan secara abadi di dunia maya. Kita harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap informasi apapun yang kita bagikan di internet.

Ns. Mareta Akriyansyah, S.Kep., M.Kep menjelaskan Pornografi adalah sebuah istilah untuk gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, gambar bergerak, animasi, kartun, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk pesan lainnya melalui berbagai bentuk media komunikasi dan/atau pertunjukan di muka umum, yang memuat eksploitasi seksual yang melanggar norma kesusilaan dalam masyarakat. Tomy Siahaan, S.Ip menjelaskan Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Budaya itu melekat di jati diri kita yang mempunyai akal budi dan adat istiadat yang sudah di bahas.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Desisca sebagai Profesional Dancer, Internet sumber media sosial yang di butuhkan masyarakat untuk membutuhkan informasi yang akurat. Kita mempergunakan internet dengan menambah pengetahuan kita dengan sebaik mungkin dan juga bijak sebagai penggunanya. Tetapi kita dalam mencari informasi berita harus benar dan tidak menimbulkan hoax.

scroll to top