Guru Agama Beperan Penting Tanamkan Moderasi Beragama Di Sekolah

IMG-20211130-WA0014.jpg

Pasaman, benuanews—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Gusman Piliang menegaskan guru agama punya peranan penting untuk menanamkan moderasi beragama di sekolah.


Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Pasaman di gedung KPN Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Lubuk Sikaping kemarin (29/11), Gusman menjelaskan guru itu berperan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan pengertian tentang Islam yang damai, Islam Rahmatan Lil Alamin yang dapat menghargai perbedaan, menghormati keyakinan masing-masing dan menjunjung tinggi tenggang rasa.


Menurutnya, moderasi beragama itu menjadi sangat penting karena kecenderungan pengamalan agama yang berlebihan atau melampaui batas sering kali menyisakan klaim kebenaran secara sepihak dan mengganggap paling benar dan yang lain itu salah.
“Makanya perlu moderasi beragama disosialisasikan di sekolah”,tuangnya.


Lebih lanjut, Kakan menguatkan guru agama perlu menggunakan peran strategisnya untuk membina aktivitas keagamaan dan menguatkan moderasi beragama kepada peserta didik. Sebab guru sebagai manusia paripurna idaman segala tindakan, tingkah laku dan perbuatan, sikap dan perkataan terekam dalam kehidupan peserta didik.


Menurut Gusman, guru agama memegang peranan penting dalam prose pendidikan dan transformasi agar peserta didik dapat berfikir moderat, santun dan mendorong siswanya agar memiliki akhlak mulia.


Merujuk kondisi sekarang ini, Gusman menilai terjadinya kemerosotan akhlak dan adab diantaranya disebabkan derasnya arus perkembangan zaman. Maka penting peranan guru yang menjadi teladan bagi siswanya.
Kepala Seksi Pendidikan Agama islam (PAIS) mengatakan kegiatan FGD ini diselenggarakan sehari dengan mendatangkan pemateri selain Kepala Kankemenag juga dari Dinas Pendidikan serta guru PAI.
Disampaikannya, kegiatan ini bertemakan moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam diikuti sebanyak 35 peserta.yunefruzal
[30/11 10.45 AM] Hendra benua: Pembentukan kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Agam periode 2022 – 2026

AGAM, Benuanwes.com – Dalam rangka pemilihan kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Agam masa bakti 2022 – 2026, digelar Temu Karya Daerah Karang Taruna, bertempat di Hotel Royal Denai Bukittinggi acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Agam yang di wakili oleh asisten III Junaidy, pembukaan jam 15:00, Senin ( 30/11/21).

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Agam. Drs H.Andri Warman, MM yang diwakili oleh Asisten III, Junaidy, Kepala Dinsos Kab. Agam yang di Wakili oleh Sekretaris Dinsos Agam dan Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat, Mahdianur Musa.

Dalam laporannya Kadis Sosial Kab. Agam, melalui sekretaris Dinsos Agam menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan pemilihan dan penetapan pengurus karang taruna Kab. Agam masa bakti 2022-2026, diikuti oleh karang taruna kecamatan Se Agam

“Diharapkan melalui kegiatan ini terwujudnya pemahaman para anggota karang taruna terhadap pentingnya giatnya organisasi ini di tengah masyarakat,” jelasnya. Senin ( 30/11/21)

Sementara itu Bupati Agam dalam sambutannya melalui asisten III Junaidy pertemuan ini merupakan salah satu bentuk wujud kepedulian pada eksistensi kepemudaan di daerah. Dari itu mari bersama mewujudkan pemuda yang cepat tanggap, kreatif dan inovatif serta berdedikasi baik untuk kemajuan dan pembangunan SDM pemuda dan pembangunan Daerah.

“Susun berbagai program kegiatan yang relevan dengan program pemerintah daerah sesuai dengan 4 pilar pembangunan Kab. Agam. Setelah terbentuknya pengurus baru nantinya, langsung lakukan rapat penyusunan program kerja tahunan yang terstruktur. Tingkatkan keterampilan dan eksistensi kepemudaan melalui Karang Taruna,” katanya

Bupati juga menyarankan Karang Taruna mengikut sertakan ibu-ibu muda menjadi bagian dari Karang Taruna dan memaksimalkan potensi UMKM daerah Kab. Agam dalam meningkatkan perekonomian.

“Diharapkan kepengurusan baru nantinya mampu menumbuhkan pemikiran-pemikiran segar dan dapat menampung aspirasi generasi muda yang nantinya dapat diaplikasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat di tengah masyarakat,”katanya.senin ( 30/11/21)

Setelah pembukaan acara selesai maka dilanjutkan ke proses pemilihan ketua,Musyawarah berjalan dengan alot dan demokratis, yang akhirnya menetapkan saudara Irfan Andri sebagai Ketua Terpilih,dan Irfan Andri terpilih menjadi ketua karang Taruna Kabupaten Agam ini anak dari Bapak Bupati Agam Drs.H.Andri Warman,MM.

( hendra/ adit)

scroll to top