Sukses Penutupan Latihan Paguyuban Ki Lodaya Candu Bersama Santunan Anak Yatim Piatu Berjalan Sukses

IMG_20220328_215116_824-scaled.jpg

Kab.Tangerang – Benuanews.Com – Pencak Silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) menjadi salah satu awal mula kelahiran seni beladiri asli nusantara, yakni seni Pencak Silat, Perguruan yang lebih dikenal dengan Silat Tjimande (Cimande, red) ini tersebar di Banten, Jabar dan Lampung.

Perguruan Silat (PS) TTKDH diperkirakan telah ada sejak 1770. Dahulu sebelum menjadi perguruan resmi, seni silat Cimande sering digunakan oleh para pejuang kemerdekaan untuk melawan belanda, Namun kini, saat telah merdeka, seni silat Cimande lebih sering dipertunjukkan sebagai seni.

Maka kami hadir Paguyuban Ki Lodaya Candu yang mana tujuan kami untuk melestarikan dan mengembangkan seni silat Cimande ini di wilayah Candu Serdang Wetan.

Alhamdulillah Paguyuban Kilodaya sudah 3 tahun berjalan dan Alhamdulillah sampai saat ini kami masih tetap eksis dan berusaha sekuat kemampuan kami untuk terus berjalan sampai malam ini kami mempunyai niat mulya sebagai siar dalam mengembangkan seni silat Cimande dan berkeinginan untuk berusaha membantu anak yatim piatu yang ada di sekitar wilayah kami berlangsung nya di Lapangan Voly Rt 05/03 Desa Serdang Wetan Kec.Legok Kab.Tangerang. Malam Senin (28/3/2022).

Turut hadir :
1.Pengurus DPD Kesti TTKKDH Kab.Tangerang (Dudin Sasmita). 2.Pengurus DPP Kesti TTKKDH (H. Wahyu Nurjamil.S.TP, M.Si)
3.Para Ketua Paguyuban/Padepokan TTKKDH yang ada di Kab.Tangeran
4.Camat Legok (H.Cucu Abdurrosyied. SH.M.Si)
5.Mewakili Kapolsek Legok (Iptu.Mulyadi, SH)
6.Babinsa Desa Serdang Wetan
7.Kades Serdang Wetan (Dodi Munanto) 8.Ketua Karang Taruna Desa Serdang Wetan (Saman)
9.Ketua Rw dan Rw Serdang Wetan
10.Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Sedang Wetan.

Dalam kesempatan yang baik Ketua Paguyuban Ki Lodaya Candu Rodi Hartono menyampaikan, syukur alhamdulillah acara penutupan latihan TTKKDH ki Lodaya tahun ini berjalan lancar,saya ucapkan trimakasih kepada semua pihak yg mendukung kegiatan ini yang tentunya sudah berkorban waktu ,pikiran,tenaga,juga finansial,’imbuhnya.

Pesan saya kepada pengurus semoga ke depan bisa lebih solid lagi,kepada kaka pelatih dan anak-anak didik semoga lebih giat dan lebih semangat lagi, jangan pernah merasa puas karena ini blm seberapa yang kita raih saat ini.

Harapan saya semoga kedepannya anak-anak bisa berprestasi di ajang yg lebih tinggi lagi.

Kepada pemerintah Desa Serdang Wetan dan pemerintah yang terkait supaya bisa memperhatikan dan membantu kami dalam pengadaan sarana prasarana supaya kami bisa meningkatkan kelengkapan alat-alat latihan dan bisa adanya perhatian untuk pengurus,kaka pelatih dan anak- anak didik supaya bisa lebih banyak prestasinya.

Tanpa dukungan pemerintah setempat tentu kami lambat untuk maju lebih pesat lagi dan kami juga siap bersinergi dengan pemerintah.

Jangan sampai pemerintah tutup mata dan kurang perhatian dengan adanya kami saat ini, apalagi sampai tidak perduli,’ ucap abah ronal.

Pada kesempatan yang sama Camat Legok H.Cucu Abdurrosyied.SH.M.Si menyampaikan dalam sambutannya, rasa syukur tentunya kita panjatkan kehadirat ilahi robbi Allah Swt, atas karunianya kita semua nya dalam keadaan sehat walafiat, diawal acara tidak lama lagi akan memasuki bulan suci ramadhan atas nama pribadi dan pemerintahan kecamatan Legok kami mohon maaf lahir dan batin jika dalam pelayanan publik penyelenggaraan pemerintahan umum pemberdayaan masyarakat dan pemasyarakatan.

Kami kemaren tentunya banyak selama satu tahun yang lalu ketika kondisi pandemic bersama forum kordinasi pimpinan kecamatan melarang acara-acara yang meninbulkan kerumunan kami mohon maaf karena kondisi itu adalah untuk mencegah keselamatan masyarakat kita.

Pada saat-saat akhir kita sudah mulai ada kelonggaran, acara sudah mulai kita biarkan artinya dengan ketentuan protocorel kesehatan namun pada kesempatan ini kami, ini mungkin acara yang besar yang kami hadiri pada acara kemaren-kemaren rada takut juga, tapi kondisi di Serdang Wetan sudah kondisi zero Covid-19 mudah-mudahan ini kita jaga bersama-bersama.

Ketua Umum, Ketua DPP Kang H.Wahyu, ini perlu kami sampaikan kami mengetahui padepokan ini kurang lebih 3 minggu yang lalu, melaporkan kepada kami bahwa telah mengitu pestival tingkat provinsi kami tentunya mengapresiasi dari orasi ilmiah dari pak.rodi hartono, orasi intinya meminta dukungan kami tentunya insya Allah dengan kemampuan agaran kami baik anggaran APBD Desa Maupun di Kecamatan ini kami akan support, insya Allah malah kepikiran kemaren karena kami lagi mencari titik-titik destinasi wisata salah satunya;
1.Kampung Ikan
2.Kampung Dirgantara
3.Kampung Markisa
4.Kampung Santri.

Mungkin ini salah satu opsi disini kita jadikan Pak.Kades menjadi kampung budaya, insya Allah kita cari solusinya bagaimana kedepan ini tentunya sama-sama harus saling mendukung.

Selanjutnya Pak.Camat memberikan Riword kepada Santri yang mendapatkan Piala Emas ada 4 orang hasil Petandingan Pestival Sijaku See Kab.Tangerang yang di berikan langsung oleh Camat H.Cucu Abdurrosyied.SH.M.Si.

Sebuah prestasi harus kita hargai karena prestasi tidak dapat mudah tapi mereka banyak pengorbanan kami hargai yang telah mengibarkan bendera Legok,”ucap Camat Legok.

Ki Bakar Humas DPD TTKKDH Kab.Tangerang pas di temui salah satu awak media mengatakan, menurut saya acara ini acara sangat luar biasa untuk anak-anak Ki Lodaya Candu, Alhamdulillah sudah di hadiri oleh Camat Legok dan Ketua Umum TTKKDH H.Wahyu Nurjamil.S.TP.M.Si, dan Ketua DPD Kab.Tangerang H.Dudin Sasmita.

Harapan saya ke depannya khusus Paguyuban Ki Lodaya Candu ini kedepannya mudah-mudahan semakin maju dan pesan saya untuk santri Ki Lodaya Candu jangan putus asa terus berjuang karena perjuangan kita bukan sampai sinih saja masih banyak semangat,’tutup Humas DPD Ki Bakar/Ki Slaw.

(K@Yadi)

scroll to top