DKPP Kota Mojokerto Wujudkan Sentra Kampung Jahe Merah

Polish_20210813_153702616.jpg

Mojokerto,- Masa pandemi akibat Covid-19 belakang ini, trend jahe merah harganya melambung tinggi. Jahe merah diyakini dapat menjadi alternatif obat herbal dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh.  Sehingga jahe merah tanaman jenis toga ini harganya terus naik.

Kondisi ini menjadi peluang bagi kelompok tani di wilayah perkotaan, seperti halnya yang tergabung dalam kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Lingkungan Sinoman Gg. II Kelurahan Miji Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto.

Untuk mendukung terwujudnya Sentra kampung Jahe merah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka Budidaya jahe merah guna mewujudkan  kemandirian masyarakat, kamis (12/8/2021).

R happy dwi prastiawan Kepala DKPP Kota Mojokerto saat membuka pelatihan ini menyampaikan, sebagaimana yang telah diamanahkan dalam undang-undang No. 18 tahun 2012 tentang pangan, Negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan pangan yang cukup, serta Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2015 tentang Ketahanan pangan dan gizi.

untuk mencapai hal tersebut salah satunya pemberdayakan masyarakat kelurahan. Untuk ini DKPP Kota Mojokerto tahun 2021 baik melalui anggaran APBD maupun APBN /DAK non fisik telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yakni Pekarangan Pangan Lestari ( P2L ) kepada 13 kelompok di beberapa kelurahan salah satunya di kelurahan miji yaitu KWT Trubus Lestari lokasi Miji baru .

Sementara itu Sri Asih ketua penyelenggara menambahkan, maksud dan tujuan kegiatan Bimtek meningkatkan keberdayaan masyarakat dengan mewujudkan kampung sentra Jahe merah di lingkungan Sinoman Gang II dengan terwujudnya kampung tersebut secara otomotis peningkatan perekonomian di kelompok tersebut.

Pelatihan diikuti sebanyak 22 orang peserta bertempat di Kelurahan Miji, dengan Narasumber Nurul Istiqomah dari BPTP Karangploso Malang. Dalam pelatihan ini peserta mendapat bantuan sarana penunjang budidaya jahe merah, antara lain media tanah, pupuk kandang, pupuk cair, obat hama, benih jahe merah, dan polybag,(kan/red).

scroll to top