Diduga Aktivitas PETI Masih Berlangsung Membuat Sumber Daya Alam Rusak

WhatsApp-Image-2020-12-28-at-22.39.35.jpeg

BUNGO,(Benuanews.com) – Penambang Emas ilegal tampaknya tidak peduli lagi tentang lingkungan di sekitar,yang aliran sungai nya sudah dicemari akibat aktivitas Penambangan Ilegal .Senin,28/12/20

Banyaknya Alat Berat di Batang Pelepat Di duga Penambangan Mas ilegal ,Di lakukan di pinggiran Sungai Batang Pelepat kabupaten Bungo.

Alat berat yang beroperasi diduga untuk aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang sangat Meresahkan Warga.

Pantauan dilapangan saat ditanyakan kepada Warga sekitar yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan “kami tinggal dipinggiran aliran sungai yang air nya untuk keperluan sehari – hari ,Resah akibat air batang Pelepat tidak bisa digunakan lagi karena keruh diduga akibat aktivitas PETI.

Warga Pelepat yang berada di kawasan sungai ,akibat pertambangan ilegal tersebut warga sangat takut tidak bisa mendapatkan air untuk keperluan sehari – hari dan akan merusak alam warga juga berharap jangan sampai terjadi banjir bandang akibat aktivitas tambang ilegal tersebut.”kata warga

Berdasarkan informasi yang dihimpun, terdapat 8 unit eksavator beroperasi di wilayah itu.dari Narasumber penambangan Tersebut Telah Beroperasi Sekitar tahun 2019 awal sudah mulai.

Aktivitas ini sempat terhenti sekitar 5 Bulan karna pilkada .Pilkada Selesai para Penambang Liar Mengambil kesempatan melanjutkan kembali aktivitas Tersebut.

Sebelumnya sudah dilakukan razia besar-besaran oleh tim gabungan aparat keamanan, pemerintah daerah dan bahkan masyarakat untuk memberhentikan aktifitas yang merusak lingkungan itu.

Hanya sesaat menghilang tanpa kabar, kini ekskavator yang diduga untuk aktifitas PETI itu kembali masuk ke wilayah Pelepat dan melakukan aktivitas penambangan.

H.Hasan Ibrahim,S.Pd.I. Ketua Forum Peduli Hijau Kab.Bungo dan juga Wakil .Ketua II FORDAS Kab.Bungo menegaskan akan Membuat suatu Prosesi Derat Antara Pemerintah ,LSM,Forum dan Masyarakat agar Mencegah Kegiatan tambang ilegal tersebut.”ujar H.Hasan

Sambung H.Hasan Kegiatan tambang tersebut sangat Merusak sumber daya alam dan Aliran sungai ,kami tidak akan Pandang Bulu apabila ada oknum yang Mendekengi kegiatan tambang ilegal kami akan Menindak Tegas Pelaku Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.

Warga Berharap Pemerintah Kabupaten Bungo Kecamatan Pelepat Dusun Batu Kerbau Dapat menindak lanjuti Pertambangan ilegal Tersebut. (BN032)

scroll to top