Dekranasda Bakal Gelar Event Dompu Fashion Week Untuk Memperkenalkan Kearifan Lokal Daerah Lebih Luas

Screenshot_20220926-0854532.jpg

Dompu,-NTB benuanews.com Guna mewujudkan Visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah semata. Keterlibatan seluruh elemen masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing juga sangat diperlukan.

Mewujudkan Dompu Mashur sebagai harapan bersama sebagaimana yang diamanatkan RPJMD tahun 2021-2026, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dompu akan menggelar “Event Fashion Week” tahun 2022.

Event dimaksud menjadi bagian dari memperkenalkan secara luas potensi kearifan lokal dan seni budaya daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu, berupa kerajinan tenunan “Muna Pa’a” dan hasil karya para desainar putra daerah, sehingga dalam perkembangannya memiliki daya saing tinggi dalam industri tenunan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Dompu, Ny. Lilis Suryani H. Kader Jaelani, dalam vidio berdurasi lebih kurang 5 menit pada media ini, Minggu (24/09/22).

Lilis Suryani H. Kader Jaelani, di momen ini mengajak dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam mensukseskan pelaksanaan event Dompu Fashion Week, pada tanggal 7-8 Oktober di pelataran Kantor Bupati Dompu.

“mari ambil bagian dalam mensukseskan gelaran dimaksud yang akan diisi dengan berbagai lomba desain busana kerja pria/wanita, peragaan busana dan juga lomba desain busana casual pria/wanita,”kata Ketua PKK Kabupaten Dompu ini.

Menurut Ketua Dekranasda Kabupaten Dompu ini, partisipasi dan dukungan dari masyarakat dengan hadir dan menyaksikan secara langsung kegiatan yang berlangsung menjadi motivasi tersendiri untuk memperkenalkan produk unggulan berupa muna paa dan hasil karya para desainer daerah. partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat atas gelaran seni dan budaya lokal daerah ini berdampak baik bagi pengembangan industri muna pa’a,”ucap Isteri tercinta Bupati Dompu ini.

“Dukungan dari seluruh elemen masyarakat terkait dengan acara fashion week, dapat memajukan industri muna pa’a, yang juga ikut mendorong tenunan khas daerah ini dapat dinikmati secara luas dengan mendongkrak daya saingnya,”jelasnya.

Lanjutnya, kepedulian akan tradisi dan budaya pengrajin tenunan khas tradisional dapat mendukung munculnya kemajuan industri fashion daerah yang juga menggali potensi desainer muda daerah untuk maju dan berkembang, sehingga karya-karya terbaik mereka selain jadi kebanggaan juga dapat dinikmati secara luas.

“Mari dukung bersama pelaksanaan kegiatan “Event Dompu Fashion Week”, untuk memajukan berbagai produk unggulan daerah berupa tenunan muna pa’a, yang merupakan karya seni dan budaya kearifan lokal yang dibalut dengan kreativitas para desainer dan pengrajin muna pa’a untuk terwujudnya Visi Dompu Mashur,”ajak ibu tiga putri ini.

“untuk hal-hal yang kurang jelas terkait dengan pelaksanaan kegiatan dimaksud, lebih lanjut dapat menghubungi pantia dengan nomor kontak person 081779308955,”pungkasnya.
(Imran Reporter)

scroll to top