Menkop dan UKM Teten Masduki Kunjungi M Market Block Padang

IMG-20220701-WA0014.jpg

Padang, Benuanews.com,- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan pihaknya menargetkan 30 persen dari total pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau sebesar 20 juta UMKM terhubung ke ekosistem digital

“Untuk mencapai hal tersebut, Kemenkop terus berupaya meningkatkan literasi digital dan dukungan meningkatkan kualitas (serta) pasar produk UKM dan kapasitas SDM (sumber daya manusia) UKM melalui berbagai program kami,” ungkapnya saat melakukan kunjungan ke M Market Block Tabing Padang, Kamis 30 Juni 2022.

Per Desember 2021, kata sebanyak 17,25 juta pelaku UMKM disebut telah onboarding ke dalam ekosistem digital. Di tahun 2024, pihaknya menargetkan 30 juta UMKM yang terdigitalisasi.

Selain itu, 202 koperasi telah masuk ekosistem digital dari target 100 koperasi pada tahun 2021 dan ditargetkan 200 koperasi pada tahun 2022.

Pada tahun lalu, Kemenkop dikatakan telah berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka percepatan digitalisasi koperasi dan UMKM.

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM, pihaknya juga menggandeng 11 inkubator dari swasta maupun universitas

Di antaranya 70 persen prioritas program menyasar pelaku UMKM dan koperasi, anak muda, perempuan, serta mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan.

“Selanjutnya, akses pembiayaan UMKM dan koperasi bergeser dari sektor perdagangan ke sektor riil. Pembiayaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) 40 persen untuk sektor riil,” lanjut dia.

Akses tersebut mencakup pula pembiayaan dari sektor perbankan dan non perbankan sehingga diharapkan dapat lebih terkonsolidasi ke dalam ekosistem sektor riil.

Kedepan Kementrian Koperasi dan UKM akan mengusahakan agar produk UMKM dari Sumatera Barat bisa dipasarkan di seluruh Indonesia, begitu juga sebaliknya, produk UMKM dari provinsi lain bisa dipasarkan di Sumatera Barat.

Sementara Kadis Koperasi dan UKM Sumbar Nazwir mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menkop dan UKM ke Sumatera Barat. “Dengan kunjungan bapak Menteri ini, diharapakan dapat membawa angin segar buat pelaku UMKM di Sumatera Barat” ujar Nazwir yang didampingi Kabid Pembinaan UMKM Hilma.

(Marlim)

scroll to top