Danramil 402-09/Mesuji Lepas Pengembaraan Pramuka Tingkat Penegak

IMG-20210612-WA0070.jpg

PALEMBANG.(Benuanews.com)-Satuan Pramuka Kwartir Ranting Mesuji Makmur melakukan kegiatan Pengembaraan Pramuka tingkat Penegak. Kelompok Pramuka ini resmi dilepas oleh Danramil 402-09/Mesuji Lettu Inf Muslikin dari halaman Balai Desa Pematang Jaya Kec. Mesuji Makmur OKI, Sabtu (12/06/2021).

Kelompok Pramuka yang berjumlah 50 peserta tersebut berasal dari 4 Sekolahan setingkat SLTA di wilayah Mesuji Makmur yaitu, SMAN 1 dan SMAN 2 Mesuji Makmur, SMKN Mesuji Makmur serta SMA Futuiyah Mesuji Makmur. Mereka didampingi oleh Babinsa Peltu M. Agus Efendi serta pembina Pramuka dari Kwartir Ranting Mesuji Makmur.

Kegiatan Pramuka ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan guna meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang Kepramukaan sehingga akan terbentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, sebelum kegiatan dilakukan, para peserta terlebih dahulu melakukan apel di halaman Balai Desa Pematang Jaya Kec. Mesuji Makmur OKI tempat dimulai dan berakhirnya kegiatan dengan Pembina Apel Danramil 402-09/Mesuji Lettu Inf Muslikin.

Dalam sambutannya, Lettu Inf Muslikin menyampaikan pesan agar para peserta Pengembaraan ini harus tetap menjaga keamanan, kesehatan dan kekompakan.

“Saya berpesan kepada seluruh  peserta guna keselamatan dalam melakukan kegiatan agar para peserta dapat menjaga keamanan, kesehatan dan kekompakan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 402-09/Mesuji juga berpesan kepada para peserta agar dapat menjaga sikap selama kegiatan berlangsung.

“Saya harapkan para peserta dapat menjaga sikap dan menunjukkan sopan santun di masyarakat, karena kalian nantinya akan menjumpai banyak orang dan tidak tahu latar belakang mereka. Bahkan dari mereka (masyarakat) bisa juga ada yang kepala desa atau tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Selanjutnya, para peserta pengembaraan dilepas oleh Danramil 402-09/Mesuji Lettu Inf Muslikin didampingi Pembina Pramuka dengan rute jarak sekitar 25 KM dari halaman depan Kantor Desa Pematang Jaya.

Para peserta selama dua hari satu malam dalam pengembaraan ini nantinya akan melewati beberapa Desa dan akan menerima berbagai materi keterampilan diantaranya pengetahuan kompas, tanda-tanda jejak dan tanda alam lainnya yang akan berakhir di halaman depan Kantor Desa Pematang Jaya ini lagi. (Herman)

scroll to top