Bupati Way Kanan : Selamat Datang Kepada Bupati Bangka dan Rombongan di Bumi Ramik Ragom Way Kanan.

whatsapp_image_2020-12-15_at_18.13.08_1.jpg

WAY KANAN (benuanews.com) – Raden Adipati Surya,S.H.,M.M menyambut secara langsung kedatangan rombongan Bupati Kabupaten Bangka ke Kabupaten Way Kanan, pada 15 Desember 2020 bertempat di Ruang Rapat Utama Pemkab.

Kedatangan Bupati Bangka Bapak Mulkan,SH.MH beserta rombongan selain silahturahmi kedinasan juga menambah pemahaman khususnya pengembangan sektor perkebunan tebu baik di kabupaten Way Kanan.

Hadir mendampingi Bupati H.Raden Adipati diantaranya Ketua DPRD,Staf Ahli, Asisten,Inspektur, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, dan Pimpinan PT. Pemuka Sakti Manis Indah (PSMI).

Raden Adipati Surya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Bangka dan rombongan di Bumi Ramik Ragom Way Kanan.

” Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Bangka untuk berkunjung ke Kabupaten Way Kanan, Mudah-mudahan melalui silaturahmi kita pada hari ini akan menambah pemahaman kita khususnya sektor perkebunan tebu dalam rangka pengembangan dibidang perkebunan .” Ujar Raden Adipati Surya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, yang dibentuk berdasarkan Undang Undang No.12 Tahun 1999 tanggal 20 April 1999, memiliki wilayah 3.921,63 km2 atau sebesar 11,11 % dari luas Provinsi Lampung. Dengan Jumlah penduduk 2019 berjumlah 450.109 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,89% dengan Tingkat Kemiskinan yang terus menurun saat ini 13,07% dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 67,19.

Selain itu Way Kanan memiliki Letak yang sangat strategis berada di jalur Lintas Tengah Sumatera didukung dengan keberadaan Bandara Gatot Subroto, jalur kereta api, disebelah timur berpotensi berkembang sebagai Kawasan pertumbuhan baru dengan memanfaatkan keberadaan jalur tol trans Sumatera.PDRB ADHB Kabupaten Way Kanan tahun 2019 sebesar Rp.14,123 trilyun, dan laju pertumbuhan sebesar 5,19%, dengan kontribusi PDRB didominasi oleh sektor pertanian sebesar 35,24%.

Disusul oleh sektor industri pengolahan sebesar 23,06% dan sektor perdagangan sebesar 9,96%.
Hampir semua produk pertanian ada di Way Kanan, dengan beberapa komoditas memiliki kontribusi yang cukup besar seperti Padi, Singkong, Jagung dll yang didukung keberadaan daerah Irigasi Komering dan Daerah Irigasi Way Umpu.

“Sedangkan Sektor perkebunan yaitu didukung beberapa komoditas seperti Karet, sawit, kopi, lada, tebu dll. Disamping juga sektor peternakan yang terus berkembang.”jelasnya.

Tidak hanya itu Khusus sentra Perkebunan Tebu di Kabupaten Way Kanan terdapat di 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Negara Batin, Negeri Besar, Pakuan Ratu, Bahuga dan Blambangan Umpu dengan Total Luas 20.971,3 Hektar.

Dengan rincian Lahan inti 9.500, KSO/Kerjasama antara Perusahaan dan petani 1.128,38 Hektar, Mandiri 10.348,92 hektar dengan rata-rata produksi 80 ton/hektar.

Dengan adanya Pabrik Gula investasi di sektor perkebunan merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi yang diharapkan menghasilkan dampak berantai bagi pertumbuhan sosial, ekonomi dan ekologi dalam masyarakat.

Investasi mendorong tumbuhnya sektor-sektor usaha, seperti penyerapan tenaga kerja, peningkatan daya beli, dan pada akhirnya produktivitas regional maupun nasional.

” Adapun bantuan pemerintah dalam rangka meningkatkan produktivitas gula di Kabupaten Way Kanan dalam bentuk Program dan Kegiatan Intensifikasi maupun ekstensifikasi Tanaman Tebu berupa pengadaan Alsintan, Pupuk, Obat-obatan, dan Perluasan Lahan Baru.” Tambah Adipati.

“Upaya pemerintah tersebut didukung melalui dana APBD dan APBN untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tebu berupa kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi tersebut” tutup Bupati Way Kanan. (SR)

scroll to top