BMKG Padang Panjang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Agam.

Lubuk Basung (benua) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, pasang Sistem peringatan dini atau Warning Reciever System (WRS) generasi baru di Kabupaten Agam.

“Kita terima bantuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk menyebarkan informasi bencana secara secepat” kata Mhd Lutfi  Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) didampingi Kabid Kebencanaan dan Logistik Syafrizal, saat menerima bantuan tersebut. Senin (27/7).

Dia menambahkan, Sistem Peringatan Dini atau Warning Reciever System (WRS) dipasangkan langsung oleh BMKG dan dilakukan pelatihan terhadap anggota Satgas TRC PB dan Pusdalops PB, di posko Pusdalops Kabupaten Agam.

Pelatihan untuk pengenalan alat Warning Reciever System New Generation, agar alat tersebut bisa di operasikan secara benar dan tepat, sehingga penyebaran informasi bencana lebih cepat karena bersifat ” real time” otomatis dari BMKG.

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fajar Dwi Prasetyo Kasi Observasi menyampaikan,  bahwa dengan terpasangnya sistem peringatan dini atau Warning Reciever System (WRS) generasi baru bisa meningkatkan kemampuan mitigasi bencana di Kabupaten Agam.

“Dengan adanya WRS kita bisa mendapatkan informasi yang sangat cepat, masyarakat bisa segera menyelamatkan diri, atau evakuasi mandiri untuk wilayah yang berpotensi tsunami,” ujarnya.

Dia menambahkan terpasangnya sistem baru di Kabupaten Agam, informasi kebencanaan yang disampaikan secara cepat, maka peluang bagi warga yang terdampak untuk menyelamatkan diri semakin besar

“Semakin cepat (informasi tersebut disampaikan), kemungkinan besar semakin aman warga  yang berada didaerah bencana” ulasnya.

Terakhir Fajar Dwi Prasetyo menyampaikan semoga ini bisa menunjang kerja BPBD Kabupaten Agam dalam pemberian informasi, dimana wilayah Kabupaten Agam merupakan wilayah pesisir pantai dan rawan bencana.(eko/rz).

scroll to top