4000 Wisatawan Kunjungi Kawasan Wisata PBBR Muara Cuban Batang Asai Selama Libur Lebaran

IMG-20240420-WA0049.jpg

Sarolangun.(Benuanews.com)- Sebanyak 4000 wisatawan mengunjungi kawasan wisata alam Pondok Buluh Bukit Rayo (PBBR) Desa Muaro Cuban, Batang Asai, Sarolangun selama libur lebaran 2024. Kawasan Wisata Alam PBBR ini merupakan Badan Usaha Milik Desa (BuMdes) Desa Muara Cuban.

Kades Muara Cuban, Julius mengungkapkan, para wisatawan yang berkunjung berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi serta sejumlah kabupaten dari Provinsi Sumsel dan Provinsi Bengkulu.

“Mereka yang berkunjung ke lokasi wisata yang dikelola BuMdes Muaro Cuban berasal dari Sarolangun, Merangin, Batanghari, Kota Jambi, Musi Rawas, Kota Lubuk Linggau, bahkan ada pengunjung dari Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong Provinsi Bengkulu,” kata Kades Muaro Cuban, Batang Asai Julius, kepada Sitimang.id, Sabtu (21/4/2024).

Tingginya minat masyarakat pengunjung, baik itu yang berasal dari Bumi Sepucuk Jambi Jambi Lurah Provinsi Jambi serta sejumlah masyarakat dari Provinsi Sumsel dan Provinsi Bengkulu, semakin memacu semangat pengurus BuMdes selaku pengelola PBBR Muaro Cuban serta aparatur desa setempat untuk terus melakukan pengembangan agar bisa menarik minat banyak masyarakat lagi untuk berkunjung.

“Alhamdulillah kerja keras kami baik itu pengurus BuMdes, aparatur pemerintah desa serta dukungan seluruh komponen masyarakat desa, termasuk dukungan dari Pemkab dalam hal ini dibawah kepemimpinan Pak Pj Bupati Bachril Bachri mencapai hasil sesuai yang kami harapkan. Kedepan, kami akan terus berusaha melakukan pengembangan, agar PBBR bisa menarik minat lebih banyak lagi masyarakat untuk berkunjung kesini,” kata Kades muda inovatif di Sarolangun ini.

Mengusung konsep wisata alam yang menawarkan keindahan alam kawasan perbukitan Kecamatan Batang Asai, Sarolangun, Jambi. Pondok Buluh Bukit Rayo (PBBR) hadir sebagai areal destinasi wisata.

Kehadiran PBBR didorong mampu menjadikan Kabupaten Sarolangun sebagai daerah pariwisata yang wajib dikunjungi oleh tiap wisatawan lokal, nasional bahkan internasional saat berkunjung ke Jambi, seperti halnya Kabupaten Muaro Jambi dengan wisata percandian dan Kerinci dengan wisata kebun teh dan berbagai panorama alam serta budaya.

Langkah menjadikan Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko Kabupaten Sarolangun menjadi salah satu daerah wisata di Provinsi Jambi inilah yang tengah dilakukan pengelola PBBR, yang merupakan pengurus BumDes Muaro Cuban didukung Pemdes Muaro Cuban, Batang Asai, Sarolangun.

Diresmikan PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri pada 19 Oktober 2023, pembangunan kawasan wisata PBBR diarahkan sejalan dengan program pariwisata berkelanjutan (Sustainable Tourism,red)  yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Telah memenuhi berbagai fasilitas pendukung tempat wisata, PBBR telah diresmikan PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, pada 23 Oktober 2023.  Pada awal pembukaan, pengelola PBBR menyiapkan sarana penunjang berupa penyewaan tenda bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap diatas bukit.

Guna menambah minat semakin banyak pengunjung datang, pengelola PBBR telah membangun fasilitas tambahan berupa kolam renang diatas bukit yang nantinya akan diisi sejuknya air perbukitan wilayah setempat. (Red)

scroll to top