Warga Raya Wonokromo Cemas dan Resah Butuh Walikota Eri Cahyadi

IMG-20220808-WA0038.jpg

Surabaya. https://benuanews.com – Penggusuran rumah dan toko di jalan raya Wonokromo sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, namun ganti rugi Warga wonokromo yang terdampak hingga hari ini tak jelas kapan akan diberikan oleh PD Pasar Surya si empunya hajat.

Untuk itu, Warga Wonokromo meminta agar pengerjaan Gorong-gorong di lokasi dihentikan sementara menunggu sampai warga menerima ganti ruginya.

Baidowi, salah satu warga menjelaskan bahwa Warga terdampak pernah diundang ke kantor kelurahan pada hari kamis, 28 Juli 2022, disitu juga ada perwakilan dari dinas PU.

Pada kesempatan itu, warga curhat pada Lurah masalah yang menimpanya, yang sampai detik itu uang ganti rugi yang dijanjikan PD Pasar Surya masih terombang-ambing tak tentu arah.

“Warga cemas ganti ruginya tak kunjung dapat, padahal rumah sudah dirobohkan, serta jalan sudah mulai di kerjakan, ” Ungkapnya.

Kepada awak media, Baidowi berharap agar jangan sampai warga didholimi dengan akses penetapan konsinyasi, yang mana konsinyasi akan dipotong PD Pasar dengan alasan yang tak jelas, sementara PD Pasar sendiri tidak pernah andil mengelola wilayah disini (Pedagang Jl. Ry Wonokromo, red).

Berdasarkan peraturan pemerintah tahun 1997 bahwa setiap warga negara Indonesia yang menempati, merawat, dan tidak pernah diganggu gugat oleh pejabat publik maka di situ legalitasnya sudah memenuhi syarat.

Disisi lain, ada pula warga Wonokromo yang mempunyai legalitas yakni surat hak guna bangunan atau HGB yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Surabaya 1 dan diakui oleh dinas pertanahanan.

“Saya meminta tolong dan bantuan kepada Wali Kota Surabaya, karena Wali Kota adalah Bapaknya Arek Suroboyo.

“Sekali lagi saya mohon Bapak Eri Wali Kota Surabaya ikut menyelesaikan kemelut warga Wonokromo dengan PD Pasar, dan warga ingin duduk bersama dengan pak WaliKota, PU dan PD Pasar Surya, supaya semua permasalahan dapat cepat terselesaikan agar perbaikan jalan berjalan sesuai dengan rencana pemkot,” Ucap Baidowi.

“Warga Wonokromo sangat mendukung perbaikan jalan, bukan menolak,” Tandasnya

@gus//nas

scroll to top