Walikota Mojokerto siap “Membumikan Pancasila” di kota Mojokerto.

IMG-20211013-WA0056.jpg

Mojokerto benuanews.com Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari siap menindaklanjuti Penandatanganan Nota Kesepahaman “Pembumian Pancasila di Kota – Kota seluruh Indonesia” antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Hal ini disampaikan Ning Ita sapaan akrab Wali Kota usai menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang berlangsung di Pelataran Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selasa (12/10/2021) malam.

Lebih lanjut menurut Wali Kota Perempuan pertama di Kota Mojokerto ini, harus ada kesepakatan bersama didalam Forum APEKSI sebelum ditindaklanjuti secara masif di seluruh daerah anggota APEKSI, salah satunya Kota Mojokerto.

Kami siap menindaklanjuti, namun karena kegiatan ini diinisiasi oleh Asosiasi, tentu kita tidak bisa melangkah sendirian. Harus ada satu upaya konkrit yang nanti menjadi kesepakatan dari Asosiasi ini yang akan diputuskan di dalam forum yang kemudian nanti bisa ditindaklanjuti secara masif di seluruh anggota”kata ning ita.

Iya berharap kedepan akan ada langkah yang bersifat implementatif yang diputuskan dalam Forum APEKSI, sesuai dengan kewenangan daerah masing-masing.

“Ini butuh sinergi berbagai pihak, kita tunggu juga dari BPIP nanti bagaimana dengan kewenanganya di pusat ini juga bisa memberikan satu masukan kepada Kementerian terkait sehingga daerah-daerah bisa melaksanakan karena sudah ada regulasi dari Kementerian terkait” pungkasnya.

Acara yang dihadiri oleh pengurus serta anggota APEKSI baik secara luring dan daring ini terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPIP dengan APEKSI yang diketuai oleh Bima Arya, Wali Kota Bogor. Yang kemudian dilanjutkan dengan sharing session terkait Pembumian Pancasila di Kota – Kota seluruh Indonesia.

“Rasanya tugas kita sama, sama- sama harus membumikan Pancasila, mimpi kita sama bagaimana anak-anak muda bisa memahami Pancasila dengan cara- cara kekinian, selain cara-cara yang sudah ada harus kita lengkapi” ujar Bima Arya, Ketua Dewan Pengurus APEKSI.

“Bagaimana kita bersama -sama nanti mendesign agar bisa membumikan pancasila ini secara masif” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Kepala BPIP, Prof. Haryono mengatakan, APEKSI memiliki posisi yang strategis dalam membumikan Pancasila di Kota – Kota seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan melalui Bapak/Ibu Walikota bisa merangkul kampus-kampus di kota nya masing-masing untuk turut serta membumikan pancasila sebagai Ideologi dasar Bangsa” ungkapnya.

Selebihnya ia ingin agar penandatanganan nota kesepahaman ini tidak berhenti hanya pada pidato saja, namun bisa segera ditindaklanjuti apa yang bisa disinergikan agar bagamina membumikan pancasila secara masif di seluruh Indonesia. (kan)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top