Wakil Bupati Dompu, Bendungan Tanju Memiliki Manfaat Yang Sangat Besar Bagi Masyarakat

IMG-20211107-WA0010.jpg

Dompu, NTB benuanews.com Bagaimana dampak keberadaan Bendungan Tanju bagi peningkatan pendapatan dan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di lokasi bendungan terbesar di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Memastikan situasi dan kondisi tersebut Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT, didampingi oleh Sekertaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Aris Ansyari, ST.MT,  bersama Tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu, Jum’at (05/11/21) sekitar pukul 09.30 Wita – Selesai, hadir di Bendungan Tanju.

Kehadiran Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT bersama tim dari BPS, selain melihat dari dekat keberadaan Bendungan Tanju setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Untuk memastikan dampak positif keberadaan Bendungan ini dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat yang berdekatan dengan lokasi Bendungan Tanju.

Di momen ini, Wakil Bupati H. Syahrul Parsan mengungkapkan Bendungan Tanju memiliki nilai manfaat yang besar bagi masyarakat seperti manfaat di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, Pariwisata dan sebagai bahan baku air bersih bagi warga masyarakat. Menurut Wakil Bupati dampak penting yang dirasakan masyarakat saat ini adalah di bidang perikanan. Banyak warga masyarakat yang memancing ikan di Bendungan ini, ungkapnya. 

Berikutnya, Wakil Bupati juga menyampaikan kedepannya Pemerintah Daerah memiliki rencana untuk mengembangkan Bendungan Tanju sehingga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat antara lain pengembangan di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata dan pengembangan bahan baku air bersih untuk kebutuhan air minum bagi warga masyarakat dan juga disepanjang Bendungan ini akan diupayakan untuk dibangun vila sebagai tempat peristirahatan para pengunjung, dan mudah-mudahan apa yang menjadi rencana ini dapat diwujudkan di tahun 2022, harapnya. 

Selanjutnya Wakil Bupati H. Syahrul Parsan secara khusus menyampaikan dengan dibangunnya Bendungan Tanju di Kabupaten Dompu, “kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat lebih khusus kepada Kementerian PUPR RI yang telah membangun Bendungan Tanju,” terang Wabup H. Syahrul Parsan.

Hal penting lainnya yang juga disampaikan H. Syahrul Parsan disaat kunjungan tersebut adalah berharap kepada Pemerintah Pusat, agar hal-hal yang dirasakan masih kurang dari Bendungan Tanju agar bisa dilengkapi atau dibangun kembali sehingga keberadaan Bendungan ini memberikan manfaat yang besar bagi warga masyarakat. 

Sarana bendungan yang perlu mendapat perhatian untuk dipenuhi oleh Pemerintah Pusat menurut H. Syahrul Parsan adalah berkaitan dengan ketersediaan jaringan sekunder maupun jaringan tersier dari Bendungan Tanju. Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, menyebut kedua jaringan ini dirasa penting untuk memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Dompu pada umumnya terkait dengan Bendungan Tanju yang juga menjadi bagian dari Raba Baka Kompleks, paparnya.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, kembali menyampaikan “ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat lebih khusus kepada Kementerian PUPR RI, dengan dibangunnya Bendungan Tanju dan Bendungan lainnya lingkup Raba Baka Komplek. Lewat momen ini sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih yang besar,” ucap Wabup Syahrul Parsan, mengakhiri penyampaiannya.

Di momen yang sama, seusai penyampaian Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, Sekretaris Desa Tanju, menyampaikan rasa syukurnya dengan kehadiran Bendungan Tanju. Sebagai aparat desa maupun sebagai warga masyarakat Desa Tanju, kami sangat bersyukur dengan kehadiran Bendungan ini, tandasnya. Lanjutnya, dengan kehadiran Bendungan Tanju membuka keterisolasian desa kami sehingga bisa dikenal di berbagai tingkatan, pungkasnya. (imran)

scroll to top