UIN IB Padang Wujud Universitas Islam yang Kompetitif di ASEAN tahun 2037

IMG-20220513-WA0010-1.jpg

Padang, Benuanews.com,- Perpindahan kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang di Lubuk Lintah ke kampus III Sungai Bangek rencananya akan dilakukan dalam tahun ini. Melihat dari segi pembangunan kampus yang sudah bisa dikatakan hampir 80 persen.

Rektor UIN IB Padang Prof.Dr.Martin Kustati,M.Pd mengatakan, dalam perkembangannya, UIN IB Padang hingga saat ini telah memiliki sejumlah organ pengelola universitas dan fakultas serta organ pertimbangan. Kegiatan perkuliahan dan administrasi untuk jenjang S1 berada di kampus II Lubuk Lintah dan kampus III Sungai Bangek. Sedangkan untuk jenjang pascasarjana (S2 dan S3) berada di kampus I Jalan Sudirman.

“Pembangunan Kampus III Sungai Bangek Padang yang saat ini baru dipergunakan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Sementara, Fakultas Sains dan Teknologi (Sanintek) terus dilakukan sesuai dengan rencana pengembangan kampus,” ujar Martin, Jumat (13/5) sore.

Ia menjelaskan, seiring berjalannya waktu, pembangunan kampus III terus dipacu demi mewujudkan misi menjadi Universitas Islam yang Kompetitif di ASEAN tahun 2037.

“Namun menelang kepindahan kampus II, kami sedang menguatkan segala fasilitas untuk perpindahan mitigasi dari fakultas-fakultas yang akan dipindahkan ke sana. Dimulai dari transportasi dan penambahan jalur dari Transpadang menuju Kampus III Sungai Bangek sehingga kita tidak lagi memiliki kendala nantinya. Kami juga sudah meminta bantuan dari pemerintahan Arab Saudi terkait pembangunan Mahad Ali, asrama bagi mahasiswa/i dan juga masjid kampus. Dan kami akan memroses percepatan penyelesaian pembangunan sehingga nantinya ketika proses belajar mengajar berlangsung dosen dan mahasiswa tidak terganggu dengan pembangunan ini,” katanya.

Martin menyebutkan, usaha untuk mitigasi terus dilakukan dan ia pun secara rutin mensounding dengan berbagai pihak.

“Namun untuk kepastian peresmiannya mungkin belum bisa ditentukan tanggalnya, tetapi pada September mendatang untuk 6 Fakultas kecuali Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tersebut telah bisa melakukan segala aktivitas di kampus III Sungai Bangek,” ucapnya menambahkan.

Ia melanjutkan, seperti yang sudah direncanakan pada September nanti sudah bisa dilakukan perkuliahan di Kampus III. Mengingat pembangunan gedung sudah bisa dikatakan hampir 80 persen selesai maka kegiatan perkuliahan ini diharapkan dapat dilaksanakan pada September mendatang atau pada tahun ajaran baru.

“Selain Fakultas Tarbiyah dan Keguruan akan mengalami perpindahan. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Syariah, Adab dan Humaniora, Ushuluddin dan Studi Agama itu nantinya akan di pindahkan. Dan juga nantinya Pascasarjana yang ada di Kampus I akan di pindahkan ke Kampus II ditambah pada kampus I nantinya akan dilakukan pengembangan untuk unit bisnis,” tuturnya

scroll to top