TNI dan Masyarakat Diperbatasan RI -PNG Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Ketahanan Pangan

IMG-20210617-WA0021.jpg

Skouw – Disela waktu melaksanakan tugasnya, satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Kotis dan masyarakat melaksanakan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar pos, menanam berbagai macam sayur-sayuran seperti kacang panjang, sawi, kangkung, bayam dan buah-buahan seperti melon, semangka dan jagung.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr (Han) mengatakan, pemanfaatan lahan kosong menjadi kebun sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan hal positif yang dilaksanakaan oleh personil Satgas dan masyarakat.

“Kegiatan ketahanan pangan ini juga dilakukan bersama masyarakat yang ada di sekitar pos, hal tersebut bertujuan untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada supaya lebih produktif dan bermanfaat, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan”, ujar Dansatgas (17/06/2021)

Perwira Teritorial (Pasiter) Satgas Lettu inf Ibrahim mengungkapkan, kegiatan berkebun ini merupakan salah satu program Satgas.
“Hasil panennya nanti tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan akan sayur dan buah-buahan personil satgas, tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar Pos. Selain nantinya akan mendapatkan hasil, kegiatan ini juga sebagai sarana pelatihan pertanian bagi masyarakat sekitar pos.

“Proses mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman dan perawatan tanaman sampai dengan panen, dapat menjadi bekal keterampilan bagi warga sekitar.

Diharapkan nanti mereka dapat menerapkan keterampilan dan pengetahuan berkebun ini secara mandiri di lahan mereka masing-masing, sehingga hal ini dapat menambah kesejahteraan bagi masyarakat. Tim

scroll to top