Sumbar Siapkan Pemandu Geowisata

IMG-20211103-WA0073.jpg

Padang–Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat mempersiapkan para pemandu yang berada di kab/kota dengan meningkatkan kapasitasnya sebagai pemandu Geowisata melalui pelatihan pemandu geowisata.

Pelatihan tersebut digelar di turuntum hotel padang yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 November sampai dengan 5 November 2021.

Dalam sambutannya kepala dinas pariwisata provinsi Sumatra Barat Novrial, SE, MA, Ak mengatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dalam mendukung persiapan Geopark Sumatera Barat menuju Unesco.

“jadi pelatihan ini kita gelar bertujuan untuk meningkatkan kwalitas pemandu Geowisata, karena para pemandu ini lah yang akan mejelaskan kepada para pengujung tentang keunikan-keunikan Geopark yang ada di Sumatera Barat baik Geologi, Biologi dan Budaya.” ucapnya dan sekligus Novrial membuka acara secara resmi.

Dalam kesempatan yang sama juga hadir Asessor Geowisata Ridwan, S.Hut (Kepala Sekretariat BP.GRM Silokek ) yang merupakan salah satu narasumber dalam pelatihan tersebut. Dalam penjelasannya mengatakan bahwa kemampuan Teknik pemanduan geowisata sangat dibutuhkan bagi seorang pemandu dan pokdarwis baik dalam menyusun rencana perjalanan, proses pemanduan sampai mengakhiri pemanduan.

“diharapkan setelah pelatihan ini seluruh peserta dapat mempraktekannya di lapangan karena kompetensi seorang pemandu dapat diketahui ketika sedang melakukan pemanduan,” ucapnya (TIM)

scroll to top