Serahkan 4 Unit Handtraktor Kepada Kelompok Tani, Bupati Simalungun ; Kedepan Kita Akan Lakukan Bimtek Untuk Petani

IMG-20211009-WA0019.jpg

BENUANEWS.COM | Simalungun, Sumatera Utara –

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH menyerah bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 4 unit kepada kelompok tani (poktan) di Kabupaten Simalungun, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumatera utara.

Alsintan yang diserahkan berupa Hand Traktor, kepada 4 Poktan yakni Poktan Sadar Tani Kecamatan Silimakuta, Poktan Naga Tunas Kecamatan Raya, Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba dan Poktan Tani Sejahtera Kecamatan Hutabayu Raja, yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI. Secara simbolik diserahkan Bupati kepada Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba.

“Saya berharap dengan alsintan ini dapat lebih memotifasi untuk mendukung ekonomi disektor pertanian di Kabupaten Simalungun. Meskipun hanya 4 unit, tapi ini saya fikir awal yang baik untuk dapat kita menganggarkan kembali, tidak hanya alsintan, namun kebutuhan pertanian yang lainnya demi menunjang kemajuan pertanian di Kabupaten Simalungun agar tidak tertinggal dengan daerah lain. Ini juga merupakan tugas kita bersama bagaimana memajukan pertanian di daerah kita ini,”kata Bupati usai menyerahkan bantuan.

Wilayah Kabupaten Simalungun, 70 % adalah sektor pertanian. Menurut Bupati ini harus dimajukan secara bersama-sama, tidak hanya mengandalkan APBD, akan tetapi kita akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan kemeterian pertanian di Jakarta. “Sehingga kita bisa menyampaikan peluang-peluang untuk kebutuhan
Simalungun,”kata Bupati.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para petani di Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa kedepan akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap petani seperti bimbingan tekhnis untuk dapat belajar dari daerah-daerah yang sudah maju dalam hal pertanian. “Banyak hal memang yang dapat kita lakukan untuk menggenjot kesejahteraan para petani kita kedepan, tentu kita harus banyak belajar dari daerah-daerah yang sudah behasil dibidang pertanian,” ujar Bupati

Kepada penerima bantuan alsintan, Bupati meminta agar merawat dan menjaga bantuan tersebut sehingga dapat dipergunakan dengan baik dan juga dapat digunakan kelompok lain.

Sementara itu mewakili penerima, Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba menyampaikan terima kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan kepada kelompok taninya. Ia mengaku sangat bahagia menerima alat ini, karena sejak terbentuk Poktan Makmur tani baru kali ini menerima bantuan.

“Dengan adanya bantuan ini kami bisa mengoftimalkan pengelolahan lahan kami yang selama ini kami membayar kepada orang lain. Dan biaya yang selama kami keluarkan dapat kami jadikan sebagai kas untuk perawatan alat ini, termasuk pembelian pupuk serta secara ekonomi poktan kami dapat terbantu dalam pengolaan tanah,”ungkap Sarmalim.

Dikesempatan itu, Bupati yang disaksikan Kadis Pertanian Ruslan Setepu, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Kadis Hanpang Pardomuan Sijabat, Kadis Perindag Harmedin Saragih dan Plt Kasatpol PP Adnadi Girsang, mendemonstrasikan bantuan alsintan tersebut dilahan pertanian yang tidak jauh dari lokasi acara.
Tampak juga hadir, Camat Purba Lince Simamora bersama Forkopimcam, tokoh masyarakat,tokoh pemuda .dan masyarakat kecamatan purba.

(Dedi Sinaga)

scroll to top