Sekda Dompu Wakili Bupati Dompu Sampaikan Jawaban Pemerintah Atas Raperda Dalam Rapat Paripurna DPRD

poster_2022-07-08-063635.jpg

Dompu, NTB benuanews.com Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD dan Jawaban pemerintah terhadap Raperda usulan Pemda Dompu.

Rapat Paripurna di pimpin oleh Ketua DPRD Andi Bachtiar Amd. Par, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usulan pemerintah yang disampaikan sebelumnya dalam Sidang Paripurna DPRD, Kamis (07/07/22) di Aula Sidang DPRD Kabupaten Dompu.

Sekertaris Daerah, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes mewakili Wakil Bupati (Wabup) Dompu, menyampaikan atas penyampaian jawaban pemerintah atas Raperda disampaikan setelah dibahas melalui Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD yang terdiri dari Fraksi Gerindra, Fraksi PBB, Fraksi Nasdem, Fraksi Annur Perjuangan Berkarya, Fraksi Demokrat, Fraksi PPP dan Fraksi Golkar.

Adapun Raperda yang sebelumnya telah disampaikan eksekutif ke legislatif guna dibahas lebih lanjut untuk kemudian ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda) adalah Raperda tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Raperda tentang Tera/Tera Ulang, Raperda tentang Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, wakili Wakil Bupati Dompu, sampaikan Jawaban Pemerintah Atas Raperda berikutnya Raperda Perubahan Atas Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan, Raperda tentang Zona Nilai Tanah, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Dengan digelarnya Sidang Paripurna yang berlangsung, Sekda Gatot Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan lebih khusus kepada Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Dengan digelarnya sidang paripurna hari ini, atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Dompu, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat”, tuturnya.

Menurut Sekda respon cepat dari Pimpinan dan Anggota DPRD untuk menuntaskan pembahasan beberapa Raperda yang telah diusulkan sebelumnya baik yang menjadi inisiatif legislatif maupun yang diusulkan eksekutif menjadi upaya nyata dan kerja keras dari pihak legislatif guna membahas lebih lanjut Raperda dimaksud kemudian dapat disyahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Apa yang diupayakan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD dengan menggelar sidang paripurna hari ini menjadi upaya nyata dan kerja keras dari Pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat guna menuntaskan pembahasan beberapa Raperda yang disampaikan pemerintah untuk menjadi Perda”, sebutnya.

Lanjutnya adapun hal-hal penting yang menjadi catatan, masukan, usulan dan saran yang disampaikan Anggota DPRD melalui pandangan umum fraksi-fraksi terkait Perda yang disampaikan dengan segera pihak eksekutif akan menyelesaikannya berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

“Masukan, usul dan saran dari Anggota DPRD melalui Pandangan Umum Fraksi-Fraksi dengan segera akan ditindaklanjuti berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, terangnya.

Selanjutnya kata Sekda di momen yang baik ini juga saya mengajak semua pihak untuk turut mendo’akan jama’ah haji Kabupaten Dompu yang tahun ini sedang menunaikan ibadah haji bersama Bupati Dompu, Bapak Kader Jaelani di tanah suci.

“Mari do’akan jama’ah haji Kabupaten Dompu yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci bersama Bupati Dompu, Bapak Kader Jaelani, semoga beliau-beliau diberikan kesehatan yang prima sehingga pelaksanaan ibadah hajinya berjalan lancar kemudian dapat kembali ke tanah air dalam keadaan selamat, sehat wal afiat dan juga meraih predikat sebagai haji mabrur”, harapnya.

Sidang Paripurna DPRD dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi atas Raperda yang disampaikan pemerintah kemudian dilanjutkan dengan penyampaian jawaban pemerintah oleh Sekda Dompu berlangsung, aman, tertib dan lancar diikuti oleh Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Sekda Dompu, Pimpinan OPD, serta Pejabat Struktural dan Fungsional lainnya Lingkup Pemda Dompu. (Imran)

scroll to top