SEGITIGA PENJAGA DI MENTAWAI

SEGI-3-PENJAGA-PETA.jpg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Geografis Kepulauan Mentawai yang membentang di arah Tenggara Samudera Indonesia, dengan keindahan ombaknya beriringan dengan ombak di Hawaii, dimana merupakan pesona tersendiri yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pesona tersebut memikat hati seorang Akmal, yang merupakan seseorang yang biasa dijuluki dibeberapa Grub WA “Penjaga Samudera” di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dirinya merupakan seorang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai yang selalu berjibaku dengan segala proses pencarian masyarakat Mentawai yang mengalami musibah terutama yang berkaitan dengan aktifitas masyarakat Mentawai yang tidak lepas dari laut.

Menurutnya Mentawai bagaikan ada Segitiga Penjaga. Hal tersebut disebutkan oleh Akmal saat ditemui di ruangannya kala usai Upacara HUT Basarnas ke-51.(28/02/2023).

“Kalau dunia memiliki Segitiga Bermuda, maka Mentawai memilik Segitiga yang berada di titik Pulau Batutongga, Pulau Karangmajat dan Pulau Siruamata. Kalau kita hubungkan ketiganya maka akan membentuk segituga yang berada di Perairan Pulau Sipora. Tepat berada ditengah, diapit Pulau Siberut dan Pulau Sikakap. Bedanya, Segitiga Bermuda di Samudera Pasifik itu mengancam apapun yang melaluinya, sementara Segitiga Penjaga di Mentawai selalu menjaga siapapun yang beraktifitas di lokasi tersebut. Semuanya safety untuk semua kegiatan pelayaran dan kelautan," ungkap Akmal.

“Sepanjang bertugas di Mentawai ini, banyak pengalaman yang saya pribadi alami. Itu merupakan pembelajaran antara logika dengan kearifan lokal Mentawai. Banyak kejadian diluar nalar yang terjadi pada saat kita melakukan pencarian maupun penyelamatan yang terjadi di Perairan Mentawai. Di Segitiga Penjaga itu memang ada beberapa kejadian kecelakaan namun kita bersyukur dimana tidak pernah terdapat korban jiwa,” ucap Akmal.

“Banyak potensi yang dimiliki oleh Mentawai selain keindahan ombaknya, namun itu semua belum terpublikasikan secara maximal. Terutama pesona budaya masyarakatnya. Bagi saya Mentawai adalah Mental Tangguh dan Piawai. Mari kita bangun semua potensi yang dimiliki oleh Mentawai untuk kemajuan masyarakat Mentawai dan semua. semoga Mentawai akan selalu aman,” pungkas Akmal.(M).

scroll to top