Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Bantu Atasi Kesulitan Warga yang Kehilangan Tutup Tangki Mobilnya di Wilayah Perbatasan RI-PNG

IMG-20210920-WA0021.jpg

KEEROM, – Salah satu pengemudi kendaraan Mitsubishi Colt T 120 SS jenis pick up yang menepi di pinggir jalan trans papua terlihat bingung bukan kepalang, pasalnya saat akan mengangkut salah satu warga yang hendak menumpang kendaraannya menuju kampung Arso 9 (sembilan) tiba-tiba melihat tutup tangki (fuel cap) mobilnya menghilang, hal tersebut menjadi perhatian bagi Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout yang berposisi tidak jauh dari kendaraannya, seketika itu dengan cepat membantu mengatasi kendala masyarakat tersebut yang berada di wilayah Kampung Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Senin, (20/09/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa berawal ketika mobil Mitsubishi Colt T 120 SS milik warga jenis pick up tersebut dengan muatan penumpang mayoritas para mama dan anak-anak dibagian belakang kendaraan berhenti dan menepi di pinggiran jalan trans papua yang posisinya tidak terlalu jauh dari salah satu anggota Satgas Yonif Mekais 403/Wirasada Pratista Pos Kout yang sedang melasanakan kegiatan rutinitas pagi hari bersama 3 (tiga) rekannya yang lain.

“Prajurit kami langsung menanyakan kepada pengemudi atas nama Bapak Aleks Fatagor tentang kendala apa yang membuatnya bingung, setelah mengetahui permasalahannya, prajurit satgas segera memanggil rekan-rekanya yang lain untuk membantu mengatasi kesulitannya dan Alhamdulillah tangki mobil telah berhasil ditutup dengan menggunakan tutup tangki sementara yang mampu bertahan untuk menahan BBM tidak tumpah ketika kendaraannya berjalan sampai tiba di tujuan atau sampai menemukan bengkel terdekat,” ungkap Dansatgas.

Ditempat terpisah, Wadansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Mayor Inf Tri Hasan Fuadi mengatakan bahwa peristiwa tersebut berlangsung sekitar 15 (lima belas) menit mulai dari anggota membantu mencari tutup tangki yang hilang diduga jatuhnya di jalan tidak terlalu jauh dari lokasi mobil berhenti namun karena tidak kunjung ketemu sehingga angota Satgas membantu mengatasinya dengan membuat tutup tangki sementara berbahan dasar pelastik.

“Dengan melihat isi tangki minyak mobil tersebut yang masih penuh di duga tutup tangki tertinggal ditempat saat pengemudi mengisi BBM kendaraan, namun prajurit satgas tidak habis akal, seketika membuat tutup tangki pengganti yang bersifat sementara terbuat dari botol minum aqua pelastik, yang pertama menutupnya dengan menggunakan kantong plastik 3 (tiga) lapis dan terakhir menutupnya dengan botol minum aqua ukuran 330 (tiga ratus tiga puluh) mililiter milik prajurit Satgas yang seukuran dengan pipa tangki mobil tersebut (fuel inlet hose),” kata Wadansatgas.

Sementara itu, Pengemudi atas nama Bapak Aleks Fatagor (41) mengucapkan rasa senang dan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout yang telah membantu dalam mengatasi kesulitannya di perjalanan sehingga dengan adanya tutup tangki sementara ini kendaraan dapat kembali berjalan.

“Terimakasih sekali kepada Bapak-bapak TNI Yonif 403 Pos Kout Sudah kasih bantu saya punya kesulitan, puji Tuhan sekarang sudah dapat diatasi, tangki mobil saya sudah bisa ditutup dan mobil sudah bisa jalan lagi tanpa harus khawatir BBM tumpah di jalan,” ucap Aleks. (Tim)

scroll to top