Santri PPMI Assalaam Asal Tegal Mengelar Pameran Sepeda Listrik Untuk Disabilitas Di Bali

Slawi, Benuanews.com – Dikalangan masyarakat sepeda listrik sudah beredar. Namun,alat transportasi jenis itu yang mudah digunakan kalangan berkebutuhan khusus, belum banyak ditemukan.

Berangkat dari kondisi tersebut, santri Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam berinovasi membuat sepeda ramah lingkungan untuk penyandang disabilitas.

Mereka sengaja memasang bahan bakarnya tenaga surya yang secara otomatis terisi dan tersimpan di baterai, tanpa harus mencolokkan ke jaringan listrik konvensional.

Karya santri tim riset Madrasah Aliyah (MA) berupa sepeda listrik tenaga surya itu disebut mampu mengurangi polusi udara. Sebab menggunakan tenaga matahari sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar fosil.

“Kami memanfaatkan energi matahari karena Indonesia beriklim tropis, sinar matahari melimpah,’’ kata santri putra dari Abdul Hufron warga Desa Karangdawa, Kec Margasari, Kab Tegal, Muhammad Madjid saat mengikuti Pameran Sepeda Listrik roda tiga, Rabo (1/2/2023) kemarin melalui WhatsApp pribadinya.

Siswa Madrasah Aliyah Kelas 10 jurusan IPA itu menuturkan, sepeda listrik tersebut menggunakan roda tiga dirancang bagi penyadang disabilitas

Pameran sepeda listrik berlangsung di Bali diikuti oleh siswa dari Assalaam Solo, Alfirdaus serta dari prefesional. Dalam kesempatan itu dihadiri pula tamu undangan dari berbagai daerah. Presenter yang memandu selama pameran itu berlangsung berasal Autralia, Afrika, Singapura, Arab dll, disiarkan via zoom selama dua hari sejak Senen hingga Rabo kemarin. (David)

scroll to top