Sambut Harhubnas, Dinas Perhubungan NTB Lakukan Baksos dan Sosialisasi Berlalulintas

20220907_1033332-scaled.jpg

Mataram, NTB benuanews.com – Menyambut Hari Perhubungan Nasional ( Harhubnas ) tahun 2022 yang puncaknya pada tanggal 17 September mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB melaksanakan berbagai kegiatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dishub NTB L. Moh. Faozal dalan sebuah konferensi pers yang diselenggarakan di depan kantor Dishub NTB, (07/09).

Bersama Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Emil Ferdiansyah L saat itu, Kadishub NTB menjelaskan berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti Baksos berupa program berbagi kepada masyarakat sekitar yang dianggap kurang mampu serta pengobatan gratis.

Disamping itu kegiatan lain dengan memanfaatkan momen ini bersama stakeholder Perhubungan seperti PT. Jasa Raharja melaksanakan kegiatan berupa sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas, salah satunya melakukan sosialisasi terhadap hambatan samping di beberapa lokasi dimana masyarakat melakukan aktivitas dengan menggunakan infrastruktur jalan ataupun trotoar.

“Sosialisasi ini untuk melakukan penertiban yang bertujuan meminimalisir kecelakaan lalu-lintas akibat hambatan samping tersebut,”ucapnya.

Begitu pula di beberapa titik lingkungan pendidikan, seperti sekolah-sekolah SMA akan dilakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas. Ini dianggap penting karena tingkat kecelakaan pada usia pelajar di NTB cukup tinggi.

“Kita akan berusaha memberikan pemahaman agar bagaimana aktivitas masyarakat yang menggunakan infrastruktur jalan  itu dapat dihindari tanpa harus mengesampingkan masyarakat,”jelasnya.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat menghindari tingkat kecelakaan bagi pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun kendaraan, terutama kepada usia pelajar,”imbuhnya.

Sosialisasi tersebut dilakukan serentak Se wilayah NTB dalam rangka menyambut HarHumnas tahun 2022 yang bertemakan “Bangkit Maju Bersama” menuju Transportasi Gemilang.

Kegiatan lain yang bertujuan sebagai pendukung keselamatan dalam berlalu lintas seperti keberadaan rambu-rambu.

“Akan bekerjasama dengan dishub kabupaten kota untuk bagaimana ketersediaan rambu lalu lintas di lokasi-lokasi tertentu yang rawan kecelakaan agar segera terpasang,”kata Faozal.

Lebih lanjut Faozal mengatakan bahwa dalam rangka Harhubnas 2022 ini kita akan Kampanyekan tertib berlalulintas dengan membenahi segala sarana pendukung yang tersedia.

Menurutnya tugas terberat perhubungan saat ini adalah membangun kedisiplinan berlalulintas. Oleh karena itu lanjut ya, melalui Momen ini akan dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait berlalulintas yang benar. Sosialisasi tersebut akan dilakukan secara bersama-sama dengan berbagai stekholder.

Mengakhiri konferensi pers nya, Kadishub NTB menyampaikan bahwa puncak perayaan Harhubnas 2022 ini akan dilaksanakan pada 17 September mendatang di Pelabuhan kayangan di wilayah kabupaten Lombok timur.(Arf)

scroll to top