Desember Penuh Kasih, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Ajak Warga Binaan Panen Hasil Kebun Di Perbatasan

kcg.jpeg

KEEROM (benuanews.com) – Momen Desember bulan penuh kasih dimanfaatkan Pos Ungalom Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam untuk berbagi terhadap sesama dengan mengajak warga panen hasil kebun Pos Ungalom di Kampung Ungalom, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankipur I Yonif 312/KH Kapten Inf Rasam dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (10/12).

Rasam menjelaskan mengingat kendala keterbatasan yang dihadapi pos-pos di perbatasan, Pos Ungalom memanfaatkan lahan tidur disekitar pos menjadi lahan produktif dengan menanami sayur-sayuran hingga benih ikan lele, selain menjadi bentuk kemandirian dari prajurit, hasil panen pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

“Walaupun dalam skala kecil, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Satgas TNI untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah, sehingga kebutuhan sayur mayur dan protein sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi,” ucap Rasam.

Di tempat terpisah, Danpos Ungalom Serka Riyan Empep mengatakan selain sebagai bentuk kemandirian prajurit, kegiatan ini juga untuk menunjukkan kepada warga bahwa lahan disekitar rumah pun bisa menghasilkan kebutuhan pangan jika diolah dengan baik sehingga warga dapat memasok kebutuhan pangan keluarga secara mandiri tanpa harus membeli.

“Setelah sebelumnya Pos Ungalom berbagi hasil panen ikan lele, kali ini kami mengajak warga untuk sama-sama panen sayur mayur seperti kacang panjang, buncis dan kangkung,” ujar Riyan.

“Tidak lupa kami juga berbagi cara bercocok tanam yang baik kepada warga yag datang agar hasil panen lebih maksimal serta mensosialisasikan manfaat sayur mayur bagi kesehatan tubuh,” tambah Riyan. (tim)

scroll to top