Ribuan Masyarakat Padati Shalat Idhul Adha 1445 H, 2024 M

IMG-20240617-WA0186.jpg

Dompu NTB.Benuanews.com-Hari raya Idhul Adha (lebaran Haji) yang juga merupakan hari kurban dan momentum keteladanan dari Nabi Ibrahim Alaihissalam.

Idhul Adha menjadi pesan simbolik yang menunjukan ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang hamba kepada Sang pencipta.

Hal tersebut disampaikan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani saat memberikan sambutan sebelum ritual Sholat Idhul Adha 1445 H /2024 M dilaksanakan, Senin (17/06/24) sekira pukul 07.00 Wita – Selesai di Lapangan Beringin Dompu.

Menurut Bupati H. Kader Jaelani esensi dari perayaan Idhul Adha yang dilakukan menjadi momentum dalam memperbaiki diri terutama hubungan antar sesama juga hubungan dengan Allah SWT.

“Inilah Hari Besar dalam membina keimanan dan Ketaqwaan yang ditandai dengan syiar penyembelihan hewan kurban dirayakan”, katanya.

Mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam itulah Idhul Adha dirayakan Umat Islam di seluruh dunia setiap tahunnya. ujar Bupati H. Kader Jaelani menambahkan

Berikutnya Bupati yang akrab disapa Bupati AKJ ini menyebutkan tema yang diusung dalam Perayaan Idhul Adha kali ini adalah “Dengan Idhul Adha 1445 H / 2024 M Kita Tingkatkan ketaqwaan dan Kepedulian Pada Sesama.

Dijelaskannya lagi tema yang diusung tersebut memiliki dua makna penting yaitu ketaqwaan dan nilai sosial.

“Sebagai bentuk ketakwaan bagi yang berkelebihan dalam rezeki diwajibkan berkurban dengan menyembelih hewan seperti kambing, domba dan sapi tentunya dilakukan sesuai kemampuan dan kurban tersebut disalurkan kepada yang berhak untuk merekatkan hubungan sosial diantara sesama”, jelasnya.

Hadir dalam pelaksanaan acara ini Wakil Bupati, Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Struktural dan Fungsional.

Ikut hadir juga Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, masyarakat umum, Insan Pers dan elemen penting lainnya.

Dalam pantauan Sholat Idhul Adha 1445 H dipadati ribuan masyarakat dengan tertib mengikuti panduan panitia pelaksana.

Narasumber :(Prokopim)
Penulis: Imran
Redaksi: Benuanews.com

scroll to top