Pihak PT Supreme Energy Lakukan Klarifikasi Semburan Uap dan Suara Gemuruh

IMG-20210222-WA0128.jpg

Solok Selatan,—Perusahaan pembangkit panas bumi (Gheotermal) di Kabupaten Solok Selatan, PT. Supreme Energy, kembali melakukan klarifikasi terkait viralnya vidio semburan uap dan suara bergemuruh di area kerja perusahaan tersebut. Vidio tersebut di unggah penduduk lokal. 

Site support manager PT. Supreme Energy Muara Laboh (SEML) Nofrin Napilus mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada 8 Januari 2021 berupa semburan uap panas bumi yang merupakan proses operasi yang normal dan biasa. 

Diperjelasnya lagi, semburan uap tersebut sesuai dengan skenario desain, dimana kelebihan uap dalam sistem dikeluarkan ke udara terbuka melalui cerobong besar (AFT- Atmosperic Flash Tank).

Uap yang disemburkan merupakan uap air biasa dari proses pengolahan uap Geothermal dan tidak mengandung gas beracun yang melebihi nilai ambang batas, dan tidak pula mengandung gas yang mudah terbakar. 

Lebih lanjut dikatakan Nofrin, sistem dan proses semburan tersebut telah dirancang otomatis bila dalam situasi tertentu (kelebihan jumlah uap) yang perancangannya sudah mempertimbangkan lokasi semburan yang mana jauh dari keramaian dan pemukiman.

Penjelasan dan klarifikasi tentang uap panas bumi dari pihak PT. Supreme Energy yang sempat viral di media sosial turut dihadiri Plt. Camat Pauh Duo, Desmarni, Walinagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin dan Plt. Walinagari Pauh Duo Nan Batigo Faisal Hasan.

Kemudian tampak juga dihadiri oleh Kapolres Solok Selatan AKBP. Tedy Purnanto beserja jajarannya, perwakilan dari TNI. Dari Pemkab Solok Selatan hadir kepala lingkungan hidup Murtamin, Kabag Humas Firdaus Firman dan Kabid IKP Dinas Kominfo, Wesi Marsal. (Helfi yulinda)

scroll to top