Pesantren Putri Tahfiz Qur’an Fatimah Urutan ke 36 Berdirinya

Kamang (benua) – Pesantren Putri Tahfiz Qur’an Fatimah, Yang terletak di Jorong Koto Nan Gadang Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam Sumatera Barat, merupakan pesantren yang ke 36 berdiri didaerah tersebut.
” Dimulainya aktivitas Pesantren Putri Tahfiz Qur’an Fatimah, merupakan kemajuan dan berkembangnya sekolah islam, islamic boarding scool di Kabupaten Agam” kata Novi Irwan Ketua DPRD Kabupaten Agam disaat peresmian aktivitas pesantren. Minggu (12/07).
Dikatakan, dengan terus berdirinya pesantren dan sekolah Islam/ Islamic boarding school yang baru serta terus maju berkembang yang jumlahnya mencapai 36, akan menjadikan Kabupaten Agam tujuan wisata syariah.
Ketua DPRD Agam Novi Irwan mengatakan Kabupaten  Agam saat ini menuju Pusat Pendidikan Islam di Indonesia Wilayah Barat,

Setelah berdirinya pesantren dan sekolah Islam di Kab Agam dimulai awal abad 19 lebih seratus tahun yang lalu, pendirian Pesantren diawali dengan berdirinya Parabek, Canduang, Mualimin Muhammadiyah dan lainnya buah pemikiran dan karya Ulama ulama Luhak Agam,

“Kebanggaan dan kekaguman kita berdirinya pesantren tanpa bantuan pemerintah, namun dari wagaf, infak, keikhlasan dan kegigihan pengurus, masyarakat sekitar serta dukungan semua pihak ,hal ini untuk berjuang melahirkan generasi ummat unggulan.

Terakhir Novi Irwan mengucapkan selamat dimulainya Pesantren Putri Tahfiz Qur’an Fatimah, Semoga menjadi ladang amal untuk pengurus, keluarga besar dan kaum M. Rafkin. Dt. Tuo yang telah mewakafkan tanahnya, serta tokoh-tokoh masyarakat dan semua pihak yang sudah memberikan kontribusi untuk berdirinya pesantren ini.

Hadir dalam kegiatan peresmian aktivitas dimulainya pesantren Tajfis, Camat Kamang Rio Eka Putra , Kamenag Agam, Forkopinca, Wali Nagari dan tokoh-tokoh masyarakat. (RZ)
scroll to top