Penyandang Disabilitas di Agam Dibekali Pemahaman Kepemiluan

IMG-20240705-WA0001.jpg

Benuanews, Agam  – Sejumlah penyandang disabilitas yang ada di PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) DPC Kabupaten Agam, mendapatkan penguatan pemahaman kepemiluan dari Bawaslu Kabupaten Agam, Jumat (05/07/2024) di Aula Kantor Bawaslu Kab. Agam.

Dalam sambutannya, Rendi Oktafiandi, SH.I Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kab. Agam, kegiatan ini penting karena bertujuan untuk mendorong keterlibatan para penyandang disabilitas dalam proses pemilu, baik sebagai peserta maupun penyelenggara, termasuk melindungi hak politik mereka.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong keterlibatan para penyandang disabilitas dalam pemilu dan pemilihan, termasuk dalam hal melindungi hak politik mereka,” ujar Rendi.

Sementara itu, Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Kab. Agam Yuhendra, menambahkan bahwa adanya partisipasi penyandang disabilitas sejalan dengan tagline Bawaslu yaitu Bersama Rakyat Awasi Pemilu.

“Seluruh masyarakat, termasuk kaum disabilitas, dapat terlibat dalam proses pengawasan pemilu. Kami ingin mewujudkan aksesibilitas dalam kepemiluan sehingga peran kaum disabilitas tidak hanya sebagai objek politik, tetapi juga sebagai subjek politik,” jelas Yuhendra.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PPDI Kab. Agam, Nofrizal mengungkapkan harapannya agar kaum disabilitas yang hadir dapat berperan aktif dalam pengawasan pemilu. Menurutnya, partisipasi aktif disabilitas adalah langkah penting menuju inklusivitas dalam proses pemilihan.

“Setiap kaum disabilitas mempunyai hak dalam kepemiluan, dan saya berharap melalui kegiatan ini, peserta yang hadir mampu terlibat dalam pengawasan pemilu,” kata Nof

Kegiatan ini dihadiri Oleh Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Yuhendra, Koordiv Penangganan Pelanggaran, Data dan Informasi Feri Irawan, S.Pdi, M.Pd, Koordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat dan Pelatihan Beni Andwila, S.Kep, Kasek Bawaslu Agam Yuli Zamra, S.Sos, Kasubag Pengawasan Pemilu Mizlin Hardi, SE serta staf Bawaslu Agam, TNI, POLRI dan Unsur Terkait Lainnya beserta para sahabat difabel yang ada di Kab. Agam. tutup yuhendra

scroll to top