Pelda Abdullah Toheran Dan Tim Seleksi Gelar Seleksi PBB Calon Paskibraka Kota Payakumbuh

IMG-20240419-WA0011-scaled.jpg

Payakumbuh,-Benuanews.com Sebagai persiapan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Pelda Abdullah Toheran Bati Ops Kodim 0306/50 Kota bersama Tim Seleksi kembali melakukan seleksi PBB calon yang akan ditugaskan menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Payakumbuh. Proses seleksi diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga (GOR) M. Yamin Kubu Gadang. Rabu (17/4/2024).

Dimana peserta yang mengikuti tahap seleksi berasal dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan se-kota Payakumbuh. Mereka tentunya siswa-siswi terbaik pilihan sekolah yang diutus untuk membawa nama besar sekolahnya masing-masing.

Seleksi PBB merupakan lanjutan dari tahapan tahapan seleksi sebelumnya, dimana seleksi PBB berguna untuk meningkatkan kemampuan Paskibraka dalam hal fisik, mengasah keterampilan masing-masing dan mewujudkan solidaritas atau jiwa korsa atau team work serta mengenalkan para Paskibraka terhadap medan dan formasi upacara yang akan mereka tampilkan, ucap Pelda Abdullah Toheran dalam keterangannya.

“PBB adalah salah satu bentuk kegiatan fisik yang bertujuan untuk membentuk karakter dan individu masing – masing supaya terbentuk jiwa korsa dalam melaksanakab kegiatan, “ujarnya lagi.

Sedangkan materi yang diujikan dalam seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) antara lain : gerakan dasar PBB; perubahan arah (dalam keadaan berhenti); perubahan posisi; macam-macam langkah, ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dalam pesan tertulisnya tekankan tentang objektivitas dan transparansi dalam seleksi calon Paskibraka karena seleksi ini memiliki peran penting guna mengoptimalkan peran Paskibraka dalam melaksanakan tugas dengan baik nantinya.

Anggota Paskibraka yang terpilih nantinya bukan hanya memiliki keistimewaan sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara, tetapi harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme, tutur Dandim.

Harapannya, calon anggota Paskibraka yang terpilih nantinya benar benar yang terbaik, yang disamping mempunyai daya tahan tubuh dan kekuatan fisik yang prima, sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan fokus tanpa lelah saat bertugas mengibarkan bendera merah putih nantinya, pungkas Dandim.(Julian)

scroll to top