Pantai Terpedo Detinasi Wisata Kebanggaan Orang Ujuang Labuang

WhatsApp-Image-2020-07-04-at-12.01.14.jpeg

Lubuk Basung (benua) – Pantai Terpedo Ujuang Labuang, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjung mutiara merupakan destinasi wisata alam yang menjadi kebanggaan rang Agam khususnya masyarakat Ujuang Labuang.

“Kita berterima kasih kepada Balai Wilayah (BSW) Sumatera V yang sudah membangunkan lokasi wisata didaerah pantai untuk masyarakat Ujuang Labuang” kata Gema Saputra salah seorang pemuka masyarakat Ujuang Labuang dan juga anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Agam.

Disampaikan lokasi yang dibangun Balai Sungai Wilayah (BSW) Sumatera V ini memberikan nuansa keindahan alam pantai dan kerindangan di pinggirnya yang ditumbuhi pohon kelapa sawit, sehingga terasa teduh.

Gema juga bercerita untuk penamaan tempat wisata ini juga diambil dari sejarah kejadian yang terjadi di Kampung Ujung Labuang yang terjadi dizaman jepang, ada sebuah terpedo yang ditembakan dari tengah laut, akan tetapi tidak meledak.

Penamaan lokasi ini merupakan titik sejarah yang tak terlupakan oleh masyarakat yang saat itu mampu meredam senjata sejenis bom ini tidak meledak saat sampai di lokasi.

“Dulunya, saat tentara Jepang menghantam daerah tersebut dengan senjata Torpedo, namun sesampai di pantai tidak meledak, dan ukurannya relatif besar serta bisa menghancurkan daerah tersebut dalam sekejap, “katanya.

Dilain pihak Pengelola Objek Wisata Pantai Terpedo, Rino Alfa menambahkan, objek wisata ini baru selesai dibangun oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V pada 2019 dan sudah dikunjungi wisatawan.

“Sebelumnya hanya wisatawan lokal yang mengunjungi objek wisata dan kini sudah ada dari Jambi, Riau dan lainnya,” katanya yang juga Ketua Pemuda Jorong Ujuang Labuang.

Pantai Terpedo dilengkapi lapangan bola voli, lapangan menembak, lapangan futsal, mushala dan lainnya.(tim)

scroll to top