Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) “PERMATA BERSATU TAFAERI (PEBETA) Telah terbentuk Di Nias Utara.

IMG-20220426-WA0003-1.jpg

Nias Utara, Benua news.com : Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan politik, perkembangan pembangunan dan kecanggihan technology saat ini, maka hadirlah sebuah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Nias Utara, “PERMATA BERSATU TAFAERI (PEBETA)”. Organisasi ini merasa terpanggil untuk berhimpun membangun kekuatan pemikiran dalam mengambil bagian dan turut serta dalam pembangunan daerahnya khususnya Kabupaten Nias Utara dan Nasional pada umumnya.

Organisasi Permata Bersatu Tafaeri adalah, oraganisasi Persahabatan demi peningkatan rasa soliditas/persaudaraan yang dibentuk oleh aktivis masyarakat Ex Kecamatan Tuhemberua, para tokoh-tokoh dan sesepuh yang ada di 4 (empat) Kecamatan pemekaran Ex Tuhemberua yaitu: Kec. Tuhemberua, Kec. Sawò, Kec. Sitòlu Òri dan Kec. Lotu yang mempunyai Visi dan Misi yang MULIA di tengah-tengah Masyarakat Nias Utara.

Visi : Mewujudkan Masyarakat eks Tuhemberua dan sekitarnya yang solid dan kompak.

Misi :
1. Mempererat tali persaudaraan antara masyarakat;
2. Mengadakan kegiatan-kegiatan sosial di tengah-tengah masyarakat Ex Kecamatan Tuhemberua dan Nias Utara;
3. Menggali dan mengembangkan nilai-nilai seni dan budaya adat istiadat masyarakat Ex Kecamatan Tuhemberua dan Nias Utara;
4. Turut serta dalam pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Masyarakat dan pemerintah; dan
5. Ikut serta melestarikan lingkungan.

Organisasi masyarakat PERTAMA BERSATU TAFAERI (PEBETA) yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Persaudaraan dan Persatuan, dipastikan bahwa akan berdampak positif pada kegiatan-kegiatan berbangsa dan bernegara ke depan.

Memperhatikan perkembangan saat ini, banyak hal yang harus dibenahi dan diperbaiki di tengah kalangan masyarakat bawah, teristimewa di Kabupaten Nias Utara. Salah satu tokoh Pendiri organisasi PERMATA BERSATU TAFAERI yang diwawancarai oleh Awak Media, mengatakan bahwa Organisasi PERMATA BERSATU TAFAERI (PEBETA) adalah organisasi yang berkeadilan kepada Masyarakat yang telah dilegalitaskan sepenuhnya.

Cikal bakal organisasi ini adalah Organisasi PERMATA dulu. Masyarakat dari Kecamatan Tuhemberua yang dikenal dahulu di Kabupaten Nias sebelum ada pemekaran daerah di Kepulauan Nias, memiliki sejarah perkumpulan dari tokoh-tokoh Pendahulu dari Tuhemberua di Gunungsitoli pada tahun 1976 yakni organisasi yang dikenal dengan nama Persatuan Masyarakat Kecamatan Tuhemberua (PERMATA).

Yosua zega

scroll to top