Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) Kota Tegal Dukung Zero Odol

BenuaNews.com , Tegal – Upaya mewujudkan keselamatan transportasi darat Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) Kota Tegal Optimis mendukung zaro odol langkah itu jelas akan membuat kendaraan bisa terkontrol keselamatannya.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) Kota Tegal Popo menjelaskan kepada awak media saat berada di Kantornya Jalan Sangir no 4 (komplek dinas perhubungan kota Tegal) kelurahan panggung kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Rabu.07/12/2022.

Pihaknya mendukung rencana Pemerintah untuk menerapkan kebijakan bebas truk kelebihan muatan dan dimensi (over dimension over load/ODOL) atau zero ODOL rencana mulai Januari 2023.

Organisasi Angkatan Darat (Organda) Kota Tegal optimis mendukung zero odol memperhatikan dan mempertimbangkan plus minusnya Odol, Odol terutama untuk keselamatan kendaraan saat di jalan.

Kendaraan apapun yang over kapasitas/melebihi muatan atau modifikasi menambah body ataupun menambah lainnya yang tidak setandar pasti dapat menimbulkan kecelakaan dan mengganggu kendaraan lain.

Rencana Pemerintah untuk menerapkan kebijakan bebas truk kelebihan muatan dan dimensi (over dimension over load/ODOL) atau zero ODOL itu sangat positif dan harus terealisasi.Jelasnya

Popo panggilan akrabnya juga menambahkan kendaraan yang melintas di jalan saat ada muatan ataupun tidak ada muatan harus tetap disiplin dengan disiplin keselamatan akan terwujud.

Sementara terkait ongkos angkutan logistick memang ada pengaruh namun sangatlah kecil diperkirakan hanya kurang lebih 2% dari harga barang = contoh harga beras rata rata Rp,10.000,- ongkos truck paling mahal rara-rata Rp, 150,-/kg jadi kalau naik dua kali lipat pun hanya Rp, 300,- / kg jadi naik brp ? %. Imbuhnya.(AN)

scroll to top