Nagari Koto Hilalang Jadi Nagari Bersih Narkoba (Bersinar)

IMG_20210915_094244-scaled.jpg

Arosuka – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Solok Louncing Nagari Bersinar di Nagari Koto Hilalang Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Rabu (15/9).

Kepala BNNP Sumbar yang diwakili Koordinator Bidang Rehab Josra Maidi menyampaikan bahwa LIPI dan BNN RI melakukan survey dikalangan generasi muda didapat angka Sumatera Barat menepati urutan 10 penggunaan narkoba.

“Kalau kita lihat angka 10 sudah merupakan peringkat yang sudah mengkuatirkan penggunaan narkoba, untuk antisipasi itu bagaimana elemen masyarakat bersinergi dalam melakukan pencegahan supaya masyarakat terbebas narkoba” Katanya.

Ada beberapa program yang dijalani untuk pertahanan supaya terbebas dari narkoba, salah satunya diciptakan Nagari Bersinar (Bersih Narkoba) dan bersinergi nya antara tokoh masyarakat dengan pemerintah.

Dia menambahkan dengan ada perang didalam penyalahgunaan narkoba, perlu diketahui, banyak zat yang di gunakan oleh generasi sekarang, maka butuh kita bersinergi menjalankan P4GN , pemahaman agama dari generasi perlu ditingkatkan lagi supaya generasi terbentengi dari penyalahgunaan narkoba.

Saat ini koto hilalang sangat minim penggunaan tapi tidak tertutup kemungkinan akan beredar disini kalau tidak ada sinergitas pemuka dan tokoh masyarakat dalam rangka menghambat beredar nya narkoba.
Ketua pengadilan menyampaikan saat ini tidak saja penegak hukum yang sudah mengerti hukum, akan tetapi pengedar melakukan pelajaran hukum untuk mencari celah supaya hukumannya tidak berat.

AKBP. Saifuddin Anshori, S.I.K menyampaikan sebagai salah satu unsur dari upaya optimalisasi peran tiga pilar, BNNK Kabupaten Solok, bekerjasama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Desa dan Puskesmas, dalam upaya program P4GN agar dapat terciptanya lingkungan Nagari yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika.

Melihat kondisi tersebut BNNK Kabupaten Solok meluncurkan program yang menjadi salah satu pilot project Nagari Bersinar (Bersih Narkoba).

Saat ini sudah ada Nagari Bersinar di Kabupaten Solok yaitu nagari Nagari Koto Baru, Nagari Cupak, Koto Anau, Tanjuang Bingkuang, Singkarak, Sangiang Baka dan hari ini Koto Hilalang. 

Kegiatan dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Ketua Pengadilan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Solok dan Tokoh Masyarakat, Bundo Kandung Nagari Koto Hilalang. Tim.

scroll to top