Masa Reses Anggota DPR RI, Darizal Basir: Kita Akan Perjuangan Penambahan Koramil Di Wilayah Kodim 0311 Pessel

IMG-20211228-WA0015-1.jpg

Pessel, Benuanews

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi 1 Fraksi Partai Demokrat, H. Darizal Basir, akan memperjuangkan dan mendukung untuk penambahan koramil di wilayah Kodim 0311 Pessel, seiring dengan kondisi wilayah yang bagitu luas dan rawan bencana di daerah itu.

Hal itu disampaikan Darizal Basir saat berkunjung ke Makodim 0311 Pesisir Selatan, dalam rangka tugas Resesnya Masa Persidangan II tahun 2021-2022, Selasa (28/12).

Anggota DPR RI yang membidangi, Pertahanan, Hubungan Luar Negeri, Kemen Kominfo, Bakamla dan BIN melanjutkan akhir – akhir ini yang menjadi perhatian dari Damdim 0311 pessel adalah tentang bencana alam seperti banjir.

Ditambah kondisi daerah yang begitu luas memanjang dari Utara ke Selatan, dengan teroterial terbatas termasuk personilnya.

“Maka dari itu, kita akan memperjuangkannya paling tidak kita butuh dua koramil lagi yaitu koramil di Kecamatan BAB Tapan dan Lunang Silaut,” kata Darizal Basir.

Secara umum, kata dia, tentang kondisi di daerah itu tidak ada yang menonjol. Justru, Pesisir Selatan merupakan Iconya Sumatera Barat dan Nasional, salah satunya kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto IX Tarusan, yang memiliki nilai tertinggi yaitu alamnya. Sehingga itu perlu dipertahankan kelestarianya dan jangan sampai dirusak. Dan Damdim 0311 Pessel sangat mendukung dalam pengembangan potensi SDA dan berencana akan melaksanakan kegiatan TMMD di kawasan Mandeh yang sedang di usahakan oleh Makodim setempat.

“Di tahun anggaran 2022 ini, kita usulkan dipenghujung atau di pertengahan bisa dilaksanakan,” kata Mantan Bupati Pessel 1995-2005 itu.

Sementara itu, Dandim 0311/ Pessel Letkol Inf.Moch Suherli, mengapresiasi kunjungan kerja Anggota DPR RI H. Darizal Bazir ke Makodim setempat.

Disamping itu, Dandim 0311 Pessel Letkol Inf. Moch Suherli mengakui daerah itu memiliki wilayahnya yang cukup luas, dengan 15 Kecamatan dan 182 Nagari, yang hanya ada 7 koramil masih kurang sehingga perlu ada penambahan koramil.

Mengingat kondisi itu, lanjut Suherli, dari Makodim setempat membuat pihaknya kewalahan apalagi dihadapi dengan kondisi bencana alam yang sering terjadi di daerah itu. Dan semua ini perlu adanya penguatan, seperti penambahan personil, materil dan lusitanya.

“Kita sebagai sebagai wilayah tugas salah satunya untuk membuat pemerintah daerah, nah itu tugas kita. Akan terdukung dan berjalan dengan lancar bila semua elemen kesatuan kodim itu terpenuhi dan semua itu harus lengkap,” ungkapnya.(MW)

scroll to top