Mahasiswa KKN UNAND Demo di SMKN 2 Lembah Gumanti Kab Solok

IMG-20210820-WA0031.jpg

Mahasiswa KKN UNAND

Solok, Benuanews,-Demi suksesnya program kerja KKN yang ditawarkan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Unand, kami selaku mahasiswa teknologi pertanian dan mahasiswa KKN lainnya berupaya memperkenalkan Fakultas Teknologi Pertanian kepada siswa/i SMKN 2 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

SMKN 2 Lembah Gumanti terletak di jorong Lipek Pageh, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. SMK ini dibangun di daerah perbukitan di Jorong Lipek Pageh, sehingga memiliki nuansa pemandangan alam yang sangat indah.

SMKN 2 Lembah Gumanti memiliki 2 jurusan yaitu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP). Lingkungan di SMKN 2 ini sangat berpotensi dalam pengembangan pertanian, karena tanahnya yang subur dan sebahagian besar masyarakat bekerja sebagai petani sayur dan bawang.

Hanya saja, minat siswa sangat sedikit untuk masuk ke sekolah ini. “Penyebab sedikitnya minat siswa untuk bersekolah dikarenakan pandemi yang semakin menjadi-jadi sehingga siswa tidak berminat untuk melanjutkan pendidikan” ujar Ria, guru magang di SMKN 2 Lembah Gumanti.

Walaupun demikian, siswa yang masih tertinggal sekitar 22 orang memiliki semangat yang luarbiasa untuk melanjutkan pendidikan. Dan bercita-cita berkuliah di jurusan kedokteran Universitas Andalas.

Selain memberikan sosialisasi terkait Kampus Unand, terkhusus Fakultas Teknologi Pertanian, kami juga memberikan motivasi kepada mereka agar mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan Alhamdulillah mereka bersemangat dan fokus mendengarkan materi sosialisasi.

Selain itu, kami juga menyajikan video profil Fakultas Teknologi Pertanian, video motovasi, dan video hasil produk fakultas teknologi pertanian. Untuk menambah keterampilan siswa, kami juga melakukan DEMO cara pembuatan saus tomat dan saus cabe, mereka sangat antusias dalam mempelajarinya , kami sangat bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk memotivasi adik-adik di SMKN 2 Lembah Gumanti.

scroll to top