LITERASI : KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATANLITERASI DIGITAL :

Screenshot_2021_1030_212318.jpg

Senin, 01 November 2021, Jam 09.00 WIB

Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar, SE menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJAGA KEAMANAN DIGITAL ANAK-ANAK yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Anak-anak di Indonesia aktif menggunakan internet dan sebagian besar anak-anak ini memakai media sosial sebagai interaksi terdominan dalam penggunaan internet. Tips cara mendidik anak ber-medsos, para orang tua memberikan media sosial untuk mendidik anak, diantaranya adalah monitoring, apa yang boleh diakses dan tidak boleh diakses. Rules, sepakati aturan penggunaan HP dan media sosial. Kritisi apa saja konten digital, jangan hanya melarang namun bicarakan secara sederhana dengan anak, gunakan bersama anak dan temukan manfaatnya, menurut David Hareva Dosen Universitas Pelita Harapan.

Dr. Iskandar Tsani, M.Ag Dosen IAIN Kediri memaparkan tentang peran yang harus dilakukan oleh pendidik dalam upaya mencapai kecakapan abad 21 yaitu Partner in learning, guru tidak harus tahu segalanya, tapi sebagai mitra dalam belajar, mereka bisa menjadi model pembelajaran dan pemberdayaan seumur hidup bagi siswa untuk mengeksplorasi gairah  mereka dan minat mereka sambil mempekerjakan keterampilan yang berharga. Community developer, mengembangkan hubungan yang bersifat mendasar bagi komunitas belajar, dan guru memainkan peran penting dalam pengembangan hubungan dengan masing-masing siswa, sementara ia juga membangun komunitas dimana siswa membentuk hubungan dengan satu sama lain. Activator, yaitu kekuatan guru untuk menciptakan pengalaman. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Dio Hapsari sebagai TV Host dan Singer yang memberikan sharing session, menjaga keamanan digital anak-anak dengan cara pilih media sosial yang cocok buat anak dan membuat aturan saat anak punya media sosial. Re

scroll to top