LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN (5)

literasi-3-3.jpeg

Rabu, 27 Oktober 2021, Jam 13.30 WIB

Komiring Ilir – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Ogan Komering Ilir yaitu, H. Iskandar, SE., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang AMAN SAAT BELANJA ONLINEoleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang presenter yang akan ikut berpartisipasi.

Aktivitas belanja secara daring juga bisa mengancam keamanan jika tidak dilakukan secara hati-hati. Menurut Tumpal Simare Mare, sebagai Ketua Penasehat DEMA POSPERA, menjelaskan perilaku belanja online mengacu pada proses pembelian produk dan jasa melalui internet. Maka pembelian secara online telah menjadi alternatif pembelian barang atau pun jasa. Penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan, dan juga popularitas. Pada saat ini berbelanja secara online bukanlah hal yang asing. Konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat berbelanja online, cukup dengan melihat website bisa langsung melakukan transaksi pembelian. Semakin maraknya belanja online patut dibarengi dengan keamanan belanja online yang aman dan nyaman.

Ada empat keamanan belanja online seperti keamanan penjual, keamanan market place, keamanan pembeli, dan keamanan produk. Proses pembelian online memiliki langkah yang berbeda seperti perilaku pembelian fisik. Produk terdiri dari barang, jasa, dan produk digital.

Tips aman berbelanja online di antaranya pastikan platform terjamin dan terpercaya, pastikan ulasan produk sesuai dengan kebutuhan, pastikan testimoni pembeli lain terhadap barang, jika ada diskon manfaatkan mungkin, dan sesuaikan pembelanjaan dengan kemampuan. Untuk pembeli jika ingin membeli produk barang atau jasa perlu memperhatikan teliti deskripsi produk, teliti permintaan data pribadi, keamanan jaringan internet, keamanan metode pembayaran, anti transaksi di luar sistem, dan antisipasi dengan foto atau video unboxing. Selain itu, terdapat tips aman pembayaran online seperti lakukan dealing dengan e-commerce terpercaya, pastikan mendapat kankomfirmasi dari kontak yang tepat, dan jangan pernah membagikan PIN atau OTP pada orang yang tidak dikenal.

 

 

 

scroll to top