LITERASI DIGITAL KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA – PROVINSI SUMATERA SELATAN (19)

literasi-3-2.jpeg

Kamis, 25 November 2021, Jam 09.00 WIB

Musi Rawas Utara – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H menjadi Keynote Speaker  dengan tema besar MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL, yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Fitriyanto, S.Pd.,M.Pd membahas tentang kecanduan internet, dimana ciri ciri kecanduan antara lain tidak mampu mengontrol waktu berinternet, menganggap dunia maya lebih baik dari dunia nyata dan mengalami gangguan sosial. Gejala ini berdampak pada efek psikologis dan fisik karena beberapa faktor antara lain kurang perhatian keluarga, depresi, kurang kegiatan dan sebagainya. Untuk menghidarinya dengan cara mencari hobi lain, perbanyak interaksi, berolah raga dam detoksifikasi internet. Karakteristik generasi alpha menurut Dr. Hendra Saragih, SE.,MM antara lain lebih paham teknologi, artificial intellegence bagian dari kehidupan mereka, media sosial menjadi mode interaksi, gaya dan bahasa yang berbeda dan lain sebagainya. Maka orang tua dan guru harus menjadi panutan mereka, berikan ruang untuk berkreasi tetap dengan mengawasi dan membatasi waktu mereka dalam berinternet.

Bijaklah dalam bermedia sosial karena jarimu adalah harimaumu dan jangan menjadi one click killer dimana dengan hanya satu klik menyebarkan berita negatif maka akan menentukan hidup orang lain, hal ini dipaparkan oleh H. Abdul Harris, S.Ag.,M.Pd. Gunakan jarimu untuk kebaikan, buat nyaman untuk kita semua dan mari memotivasi, menebar energi positif dan inspirasi kehidupan. Stop menyebarkan berita hoax, berkomentar yang santun dan jaga etika di media sosial. Sementara Deky Suwarna mengajak kita cerdas dalam berinvestasi emas dimana emas terbukti dapat memberikan imbal balik positif dan dapat menjaga keamanan dana dari penyusutan (value). Hal ini dikarenakan tidak terpengaruh inflasi, harga cenderung naik, stok terbatas tapi peminat tak terbatas dan level bottom yang terukur. Untuk investasi emas kita aman, cek legalitas perusahaan penyelenggara di http://www.bappebti.go.id , buka akun virtual mekanisme transaksi dan bertransaksi di perusahaan resmi seperti bappebti, ICDX, KBI, ICH, JFX dan sebagainya. Key Opinion Leader oleh Inta Oceania menjadi penutup webinar yang mengajak para netizen untuk tidak terjebak dengan melakukan hal negatif di dunia internet. Menjadi cerdas tidak hanya memahami literasi digital secara menyeluruh tapi harus ada niat baik untuk menyebarkan hal yang positi dan menjadi panutan.

scroll to top