LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAHAT – PROVINSI SUMATERA SELATAN

Literasi-1.jpeg

Sabtu, 13 November 2021, Jam 09.00 WIB

Sumsel benuanews.com | Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar LITERASI DIGITAL BAGI TENAGA DIDIK DAN ANAK DIDIK DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Pembelajaran berbasis aktifitas sangat membantu siswa memahami konsep dan menerapkan konsep pembelajaran. Pembelajaran lebih variatif dan menyenangkan, menumbuhkan inovasi guru dalam pembelajaran, menurut John Kenedi, S.Pd Wakil SMPN 1 Lahat Selatan. Dr. Mahfud Fauzi, M.Pd Pimpinan Fullday Daarul Qur’an Indonesia menjelaskan proses edukasi dengan memberikan pemahaman yang cukup tentang penggunaan internet secara bijak dengan cara memaksimalkan dampak positif internet sekaligus meminimalkan dampak negatifnya. Budaya internet sehat dan aman ditujukan untuk melibatkan peran orang tua, guru atau dosen, komunitas atau asosiasi, serta anak remaja atau siswa didik.

Dr. Eddy Prihantoro, M.Ikom., MMSI sebagai Ketua Prodi Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Jakarta mengatakan digital citizenship adalah kemampuan mengelola dan memonitor prilaku dalam menggunakan teknologi yang didalamnya terkandung beberapa hal seperti keamanan digital, etika, dan lain-lain. Diperlukan edukasi dan literasi terus menerus untuk menjadi warga digital yang sehat dan bermartabat. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Ana Livian sebagai Mom Influencer yang memberikan sharing session, pentingnya peningkatan literasi digital bagi tenaga didik dan anak didik di era digital untuk meningkatkan kemampuan agar bisa membedakan antara realita media baru dengan realita sosial.

scroll to top