LITERASI DIGITAL KABUPATEN BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN (17)

Literasi-2-2.jpeg

Kamis, 25 November 2021, Jam 09.00 WIB

Banyuasin – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Keynote speaker dibawakan oleh Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni, S.H dan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H  dengan tema besar MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL, yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Asep Suparman, S.Pi.,M.Pd menjelaskan bahwa ada 4 kemampuan yang harus dimiliki di era digital yaitu berpikir kritis, kreatif dan inovatif, berkomunikasi dan berkolaburasi. Berikan edukasi pada anak, dampingi anak dalam berinternet sehingga terhindar dari kejahatan siber, aktifkan fitur keamanan dan selalu bijak dalam menggunakan internet dan media sosial. Gaya pembelajaran untuk gen alpha menurut Krisna Primanti, S.Pd.,M.Pd adalah kemauan berjuang, kegiatan bersosialisasi dan melatih komunikasi. Kemampuan literasi digital guru generasi gen alpha antara lain program yang inovatif, interaksi sosial, menyusun cerita kontekstual dan sebagainya.

Evi Kurniawati, S.Pd.,Gr mengajak kita untuk mengenalkan budaya lokal dan nasional melalui digital platform. Budaya digital mempengaruhi gaya interaksi masyarakat yang akan menimbulkan kebiasaan baru seperti menggunakan media sosial, belanja online, pembayaran digital, pendidikan online dan work from home. Jaga, lestarikan dan kenalkan budaya kita melalui media sosial, jangan mengikuti budaya asing yang tidak bermanfaat. Ardiliansyah, M.Pd mengingatkan untuk berpikir bijak sebelum mengunduh di internet. Gunakan konten media sosial dengan cerdas yaitu mengikuti True (fakta atau hoax), Helpful (bermanfaat atau tidak), Information (informasi dapat dipertanggung jawabkan), Needed (konten yang dapat membantu orang lain) dan Kind (dilakukan dengan sopan dan bijak). Tenny Clemenstine sebagai Key Opinion Leader yang memaparkan kita harus cerdas dalam beraktifitas di dunia maya, menjadi panutan sehingga citra diri kita akan bagus. Pahami keamanan, etika dan bentuk opini positif ke masyarakat dari konten yang kita posting.

scroll to top