Lestarikan Budaya Lewat Lomba Jong, Wisata New Normal 2020

gf.jpg

Batam (benuanews.com) — Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum mendukung penuh rangkaian kegiatan Wisata New Normal 2020, Karang Taruna Galang bersama masyarakat Kecamatan Galang, selam bulan November 2020.

Lomba Jong merupakan salah jenis perlombaan yang digelar selama kegiatan tersebut berlangsung. Secara khusus, Syamsul menilai, melalui Lomba Jong masyarakat telah ikut aktif melestarikan budaya.

“Lewat Jong ini aspek budaya diperkuat. Saya sebagai Pjs Walikota sangat mendukung kegiatan ini,” kata Syamsul usai membuka Road Show Wisata New Normal 2020 di Pantai Setokok.

Jong merupakan permainan tradisional Melayu berupa perahu kayu tanpa awak. Permainan ini menarik. Salah satunya yakni perahu-perahu disiapkan dengan warna yang beranekaragam. Tidak heran permainan ini menarik antusias warga maupun wisatawan.

“Melalui Jong competition 2020 turut andil menjadi penggerak eco sport cultural tourism di Galang dan Batam pada umumnya,” imbuh dia.

Secara umum, Wisata New Normal 2020 terdiri dari dua kegiatan utama, disamping kegiatan-kegiatan lain yang menyertainya. Dua kegiatan tersebut yakni Lomba Jong dan Gowes Wisata.

Tidak hanya di Pantai Setokok, agenda yang sama juga akan digelar di tiga pantai yang berbeda, yakni pada tanggal 8 November 2020 di Pantai Melayu. Lalu pada tanggal 15 November 2020 di Pantai Sembulang. Kemudian pada tanggal 22 November 2020 di Pantai Elyora.

“Kami mendorong selain pantai-pantai ini, pantai yang dikelola swasta seperti Mirota, Vio-vio juga melakukan even yang sama dengan melibatkan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Kontributor : David

scroll to top