KPU Kabupaten Dompu Gelar Kegiatan Peluncuran Pilihan Bupati Dan Wakil Bupati Dompu

Screenshot_20240526-1003062.jpg

Dompu,NTB.Benuanews.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu NTB mengelar kegiatan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu.

Peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2024 di gelar tepat di Taman kota Dompu Sabtu malam (25/05/24)

Acara tersebut dihadiri Bupati Dompu H.Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan ST.MT, Ketua DPRD Dompu H.Andi Bachtiar Jufri.A.Md.Pas Wakil Ketua DPRD Muhammad Amin, Sekretaris Daerah Gatot Gunawan PP, Jajaran Forkopimda Kabupaten Dompu, Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf. I Wayan Sulendra, Ketua TP. PKK Lilis Suryani, Ketua FK UB Muhammad Alimuddin, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Bank BRI Cabang Dompu.Pimpinan Bank NTB Syariah Cabang Dompu Rukmini, pejabat Pemkab Dompu, Tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers dan elemen penting lainnya.

Hadir pula pada kesempatan itu
Komisioner KPU Provinsi NTB yang juga Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Mastur,
Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Agus Hilman, serta Sekretaris KPU Provinsi NTB Asep Suhlan.

Sedangkan dari KPU Kabupaten Dompu selaku penyelenggara kegiatan terlihat Ketua Arif Rahman bersama 4 Komisioner lainnya yakni Hidayatullah (Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan), Nasarudin (Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi), Maman Apriansyah (Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan), dan Yusuf (Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM), serta Sekretaris Lahmudin, para Kasubbag dan staf.

Berdasarkan hasil pantauan langsung media ini, kegiatan yang tersebut dimulai dengan tarian tradisional khas dana Dompu. Terlihat sangat jelas Antusias diikuti sorakan dan gemuruhnya tepuk tangan para tamu undangan yang menyaksikan tarian tradisional pada kegiatan tersebut.

Tidak hanya tarian, namun pada kegiatan itu ada beberapa bungkusan hadia juga di bagikan, pada para pemenang undian kupon yang dibagikan oleh para pelaksana kegiatan setempat.

Ketua KPU Provinsi NTB Muhammad Khuwailid dalam sambutannya mengatakan dengan menyongsong pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu (pilkada) dimana pemilihan nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kita bersama.

“Saya pribadi mengucapakan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah masyarakat maupun jajaran anggota KPUD kabupaten Dompu dimana dengan diselenggarakannya peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak nantinya dapat dilaksanakan dengan jujur dan transparan guna terciptanya pilkada damai, aman serta transparan.”

Sementara di tempat yang sama Ketua KPUD Kabupaten Dompu Arif Rahman SH, menyampaikan sekaligus mengajak dimana pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2024 nantinya dapat berjalan lancar dengan baik sesuai harapan tentu harus ada kerjasama (kolaborasi red) kita semua.

“Semua itu tentunya dibutuhkan kerjasama semua elemen yang ada guna menyongsong Pilkada yang damai, jujur dan transparan, Pesta demokrasi atau Pilkada serentak tahun ini, Kami mengusung tema “Manggini_Manggini_Mataroa” yang berarti Jujur, transparan yang dapat melahirkan hasil pilkada yang mengutamakan kedaulatan rakyat atas kesejahteraan keadilan dan persatuan,”terangnya.

Lanjut Ketua KPU Dompu menegaskan bahwa acara peluncuran ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan untuk menentukan masa depan Kabupaten Dompu yang lebih maju dan baik.

Di tempat yang sama, Bupati Dompu H. Kader Jaelani pada sambutan nya mengucapakan terimakasih kepada seluruh Jajaran anggota KPUD Provinsi NTB maupun KPUD kabupaten Dompu serta seluruh masyarakat yang ikut andil menghadiri kegiatan yang di gelar tersebut.

Bupati Dompu H. Kader Jaelani juga mengatakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2024 sudah di depan mata, agenda besar yang akan kita hadapi pada tanggal 27 November yang akan datang.

Pesta demokrasi ini tentunya harus kita laksanakan dengan damai dan suka cita akan tetapi pada lain sisi potensi-potensi pemicu konflik horizontal harus kita antisipasi sedini mungkin.

Bupati mengingatkan semua pihak untuk menjaga tahapan ini agar tetap berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

“Dibutuhkan peran serta semua pihak, baik penyelenggara maupun peserta pilkada dalam mentaati seluruh ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Bupati menjelaskan sinergitas yang baik antar seluruh unsur Forkopimda, Pemerintah Daerah, Pimpinan Partai Politik, beberapa tokoh serta seluruh elemen masyarakat Dompu dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada sangat diharapkan.

“Yang buruk kita buang dan yang baik kita pertahankan dan bila perlu lebih ditingkatkan lagi agar Pilkada bisa berjalan dengan aman dan tertib,” imbuhnya.

“Saya berharap pada pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil (pilkada) 2024 nanti berjalan sesuai harapan kita bersama, dimana proses demokrasi ini menjadi kerja kolaborasi kita agar sama_sama menjaga keamanan guna pilkada tersebut dapat berjalan lancar sukses sesuai harapan kita semua,”.

“Dengan belajar dari pelaksanaan Pilkada sebelumnya, kita yakin Pilkada Kabupaten Dompu dapat berjalan lancar dan aman. Seluruh partai politik diharapkan bisa mengantarkan calon terbaik untuk berkompetisi pada Pilkada 2024,” ujar Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada pada 27 November 2024. “Partisipasi ini penting untuk kemajuan Kabupaten Dompu dengan memilih pemimpin yang terbaik dan amanah, mampu membawa kebaikan bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Dompu,” tambahnya.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba maskot dan jingle KPU Dompu

Selain peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, pada momentum ini juga dilakukan penyerahan hadiah juara lomba sayembara maskot dan jingle Pilkada Dompu Tahun 2024.

Adapun maskot Pilkada Dompu berupa Kerbau Hodo, kerbau dipilih karena mempunyai filosofi melambangkan ketekunan, kegigihan dan cepat berdaptasi dengan kelompoknya serta mudah diajak bekerjasama.

(Imran Khan)

scroll to top