Bupati Tanjab Barat , Para Da’i Pembina 2022 Yang Terpilih, Bisa Bantu Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan

IMG_20211214_101409.jpg

TANJAB BARAT.(Benuanews.com)- Proses seleksi Da’i Desa atau Kelurahan Se- Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Masjid Syaikh Utsman Tungkal senin,(13-12-2021)

Disampaikan Kabag Kesra Hidayat Kusuma,S.sos. dalam laporan nya “pelaksanaan seleksi da’i ini dilakukan 2 hari tgl. 13 s/d 14 desember 2021di Masjid Syehk Umsman Tungkal, dengan jumlah peserta yg daftar mencapai 130 org da’i yang berasal dari Desa atau kelurahan dalam wilayah kabupaten Tanjung Jabung Barat” .

Dalam prosesi pembukaan  Bupati Tanjab Barat Drs. Anwarsadat,M.Ag menyampaikan “Meminta para da’i Pembina 2022 yang terpilih  harus bisa membantu program pemerintah ke masyarakat, baik dibidang pendidikan agama menyampaikan dakwah islam sehingga diterima di masyarakat, contoh dai harus bisa memberi pemahaman ke masyarakat bahwa penting nya vaksinasi, bukan sebalik nya.

“kita juga mendapat penghargaan dari kementerian agama dalam bidang kerukunan umat beragama yang baik,mudah mudahan kehadiran da’i kelurahan atau desa memberikan artikulasi dalam menyambung atau menyampaikan program pembangunan kabupaten tanjung jabung barat,” tutup nya.

Proses seleksi ini sangat menarik. Salah satunya dari sisi materi test, ada wawasan keagamaan, Fiqh dan pemahaman terkait bacaan dan tafsir Al – Qu’ran.

Materi terkait Fiqh cukup membuat “deg-degan” peserta seleksi karena harus membaca kitab kuning. Untuk membaca kitab kuning ini di butuhkan penguasaan ilmu Nahwu dan Ilmu Shorof serta bahasa arab. Dikatakan sebagai kitab kuning karena kitab ini dicetak di kertas yang berwarna kekuning-kuningan. Ciri khas dari kitab kuning selain dicetak di kertas berwarna kuning, isi tulisan tidak ada harakat, alias gundul.

Adapun Tim seleksi Da’i yakni KH. Hasan Basri, Ust Drs. H. Abdul Latif, M.Ag, Ust. Drs. H. Lahmuddin, M. Ag, Ust. H. Abu Ammar Addani dan Ust H. Abdul Faqih Al-Hafizh.
(hy).

scroll to top