Kemenag kabupaten Bojonegoro gelar sosialisai bimbingan Catin

IMG-20210609-WA0115.jpg

Bojonegoro- Hari ini (09/06/2021), kantor kementerian agama kabupaten Bojonegoro menggelar kegiatan sosialisasi bimbingan calon pengantin (Catin) pada kepala KUA sekabupaten Bojonegoro.

Kegiatan bimbingan calon pengantin yang semula dilaksanakan oleh Bimas Islam kantor kementerian agama kabupaten Bojonegoro, sekarang beralih yang menyelenggarakan adalah masing-masing KUA sekabupaten Bojonegoro, dengan melihat jumlah pendaftar calon pengantin di KUA tersebut.

Untuk jumlah peserta bimbingan kawin (Binwin) memang berbeda sebagaimana yang disampaikan kasi bimas jumlah peserta 15 pasang identik dengan 30 catin dan pengelolaan seluruhnya adalah KUA masing masing.

Seperti yang disampaikan oleh kepala Kankemenag kab. Bojonegoro Suhaji, “bahwa yang perlu diperhatikan olek KUA pertama administrasi harus sesuai dengan data catin tersebut, yang kedua pelaporan atau SPJ harus dibuat sesuai dengan dilapangan serta harus bisa dipertanggung jawabkan.
Disamping itu program binwin ini menjadi program unggulan untuk KUA dalam rangka menekan angka perceraian yang selama ini semakin bertambah tinggi jumlahnya.

Begitu juga beliau menyampaikan program BPK menteri Agama terkait KUA PTSP didorong agar KUA tidak hanya melayani pernikahan akan tetapi banyak hal yang semuanya itu memberikan kemudahan serta pempercepat dalam pelayanan, pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga disampaikan terkait bagaimana cara membuat pelaporan binwin yg dikelola KUA apa yang disampaikan staf bimas terkait bentuk pelaporan tersebut kebanyakan kepala KUA sudah banyak yang faham. Oleh karena itu dengan sosialisasi ini diharapkan perpindahan dalam pelayanan untuk lebih baik lagi. (Jion/red).

scroll to top