Kelangkaan Sembako di Adonara, AMA Balik Papan Mendesak PEMDA Setempat Segera Salurkan Bantuan

Benuanews.com- Banjir bandang yang terjadi di Adonara pada tanggal 04 April 2021 khususnya di daerah Waiwerang sekitarnya dan Desa nelelamdike memang sangat memperihatinkan karena sama-sama kita ketahui bahwa akibat bencana ini menyebabkan korban jiwa dan kerugian material yang di rasakan secarah langsung oleh warga setempat Jumaat 09 April 2021.

Angkatan Muda Adonara (AMA) Antonius PN selaku ketua menyampaikan melihat situasi Adonara hari ini memang tidak dapat di pungkiri bahwa kondisinya sangat Sulit apalagi di tengah pandemi covid-19 ini.

Sejauh ini pantauan kami memang upaya-upaya baik dari kalangan masyarakat, pemerintah dan semua elemen sudah, selanjutnya Penanggulangan korban bencana Banjir Banda ini, bahkan pemerintah pusat pun secarah langsung merespon peristiwa ini namun terkait respon cepat pemerintah baik itu pemerintah daerah maupun pusat itu merupakan tugasnya dan itu wajib tancap Ketua umum AMA Balikpapan.

Lebih Lanjut pria muda Asal Adonara kampung Klibang Watokela itu menjelaskan bahwa akibat Banjir bandang di Adonara ini bukan hanya di rasakan oleh warga Waiwerang sekitarnya dan Desa nelelamdike namun hampir keseluruhan masayrakat desa di pulau Adonara.

sebut saja putusnya ruas jalan yang menghubungkan Waiwerang dan Desa Horowura, Kecamatan Adonara Tengah, dan ruas jalan antara Desa Horowura menuju Waiwadan, Adonara Barat itu dampak dari peristiwa bencana alam yang bersamaan ini.

Berdasarkan pantauan dan hasil koordinasi Ketua Umum AMA Balikpapan Antonius PN bersama warga Adonara tengah tanggal 07 April 2021 menjelaskan kondisi di kecamatan Adonara Tengah secarah keseluruhan dan dampak yang di rasakan oleh warga setempat terkait kebutuhan sembako yang sangat-sangat sulit karena kesulitan akses dan lebih miris harga sembako melonjak seketika.

Antonius PN menegaskan bahwa hal ini tidak bisa di biarkan, karena kondisi saat ini sangatlah susa dan bukannya hanya di rasakan sekelompok orang namun semua masayrkat.

Ketua umum AMA Balikpapan mendesak pemerintah segerah bertindak tegas agar tidak tejadi sewenang-wenang di tengah bencana ini khususnya yang berkaitan dengan naiknya harga sembako.

Di sisi lainya Antonius PN juga meminta dengan tegas agar bantuan ke adonara harus merata dan pemerintah daerah Flotim segarah membuka pasar murah di setiap kecamatan ataupun desa yang sekiranya bisa di jangakau masayrkat dan hal ini di fasilitas langsung oleh pemerintah agar masayrkat tidak kesulitan terkait sembako tegasnya.

Antonius PN
Ketua Umum AMA Balikpapan

scroll to top