Kapolda NTB Berikan Arahan Kepada Polisi Lingkungan Polresta Mataram Mewujudkan Konsep Pemilu Damai 2024

IMG-20230825-WA00212.jpg

Mataram, NTB benuanews.com – Dalam rangka mensukseskan pengamanan Pemilu Tahun 2024, Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto MSi memberikan arahan kepada Polisi Lingkungan Polresta Mataram bertempat di Rinjani Ballroom Hotel Lombok Raya Mataram. Jumat, (25/08/2023). 

Arahan Kapolda NTB tersebut dihadiri juga oleh Ketua Bawaslu NTB Itratip, ST.,MT, Ketua KPU NTB Suhardi Soud, Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, Dir Intelkam Polda NTB Kombes Pol Hendro Kusmayadi, SIK, MH, Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH, Ketua Bawaslu Kota Mataram Muhamad Yusril, Ketua KPU Kota Mataram Sopan Sopian, S.E.,MM, Waka Polresta Mataram, AKBP Syarif Hidayat SH SIK, para pejabat utama Polresta Mataram, para Kapolsek jajaran, Sat Binmas Polresta Mataram dan sebanyak 666 Polisi Lingkungan Polresta Mataram.

Diawali dengan Laporan perwira yang ditunjuk bahwa personil siap diberikan arah oleh Kompol I Made Yogi Purusa Utama SE SIK MH, kemudian menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa dan Pemutaran Video Kegiatan Polisi Lingkungan dan Polisi Dusun Wilkum Polresta Mataram.  

Dalam sambutannya Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kapolda NTB dan PJU Polda yang berkesempatan hadir untuk memberi arahan, Polisi lingkungan akan dipersiapkan dalam pengamanan Pemilu tahun 2024. 

“Polisi lingkungan bertujuan untuk melaksanakan pengamanan di 2287 tps wilkum Polresta Mataram serta ada 4 polsek inti Kota dan 3 Polsek luar inti Kota Kabupaten Lombok Barat yang ada di Wilayah hukum Polresta Mataram”, kata Kapolresta 

Kapolresta Mataram berharap dengan adanya pengarahan dari Kapolda NTB seluruh personil Polisi Lingkungan dapat mengetahui dan bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing. 

Kemudian Ketua KPU Prov. NTB Suhardi Soud mengatakan berdasarkan arahan Kapolresta bahwa hal tersebut sangat baik guna melaksanakan deteksi permasalahan yang akan terjadi dari titik terendah, agar tetap dilaksanakan koordinasi dengan rekan-rekan petugas TPS dan KPPS guna bersama-sama menjaga keamanan. 

“KPU Kota Mataram dan Bawaslu Kota Mataram juga melaksanakan sosialisasi kepada setiap peraturan dan aturan yang ada di lapangan guna bersama-sama menjaga keamanan yang ada di lokasi kegiatan”, ucapnya.

Sambutan Ketua Bawaslu Prov. NTB Itratip, ST.,MT mengatakan Bawaslu bertugas dalam melaksanakan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pemilu yang dilakukan oleh KPU sesuai dengan PKPU, politisasi sara, Hoax dan Ujaran Kebencian sangat berbahaya karena dapat mengganggu situasi aman di wilayah hukum Polresta Mataram.

“Agar Poling dan Poldus dapat membantu KPU dan Bawaslu dalam mengawasi setiap isu-isu yang berkembang serta diharapkan kepada setiap Polisi lingkungan yang tersebar tetap dapat mengedepankan Netralitas sebagai aparat penegak hukum”, ucapnya.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto MSi dalam arahannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah menyamakan persepsi demi menyelesaikan setiap persoalan yang ada di Masyarakat, Polresta Mataram adalah etalase Polda NTB sehingga Kapolresta dan PJU Polresta Mataram telah diperintahkan untuk  mengawali. 

Sebagai Polisi harus memiliki pemikiran yang cepat dan bertindak cepat guna mengantisipasi setiap hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kamtibmas, seluruh Personil Polisi Lingkungan tidak boleh memiliki sifat Masa Bodoh. 

Kapolda juga menekankan bahwa Polisi Lingkungan diwajibkan mengetahui setiap perkembangan terjadi dan setiap peraturan yang berlaku, setiap personil Polisi Lingkungan juga harus memiliki mewujudkan Konsep Pemilu damai. 

“Potensi sekecil mungkin yang sekiranya dapat menyebabkan gangguan Kamtibmas harus diketahui oleh Polisi Lingkungan, jangan biarkan siapapun merusak situasi Keamanan dan kenyamanan di wilayah hukum Polresta Mataram “, tegasnya.

Kapolda berharap kepada Polisi Lingkungan agar dapat saling melengkapi sebagai personil jajaran Polda NTB, bagi Personel yang istri maupun keluarganya menjadi calon agar dapat menyesuaikan dengan Peraturan KPU. 

“Seluruh Polisi Lingkungan di Polresta Mataram siap untuk mengamankan Pemilu Damai 2024, dan tunjukkan serta jaga Harkamtibmas”, pungkasnya.(Arf)

scroll to top