Kadisperindag Sumbar Buka Bazar Murah Year And Happiness 2021

IMG-20211222-WA0046.jpg

Padang, Benuanews.com,- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Perdagangan Ridonald SE, MM membuka secara resmi Bazar Murah Kerja sama Koperasi Anak Nagari Minangkabau dengan PT Angkasa Pura Rabu, 22 Desember 2021 bertempat di area kedatangan Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman.

Bazar murah diadakan dalam rangka menyambut natal dan tahun baru. Ridonald SE, MM dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Asben Hendri yang tidak bisa menghadiri acara ini karena ada tugas yang tidak bisa beliau wakilkan.

“Bapak Kepala Dinas sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PT Angkasa Pura II dalam rangka memajukan UMKM di Sumatera Barat” ujar Ridonald. Dengan adanya bazar ini, diharapkan dapat mempertemukan pelaku usaha dengan masyarakat secara langsung.

Sementara itu Dodi Delvi anggota DPRD Provinsi Sumbar yang ikut memberikan sambutan mengatakan secara kelembagaan, DPRD Sumatera Barat sudah banyak mendukung UMKM melalui dana Pokir yang dimilikinya. “Secara pribadi dan lembaga, kami di DPRD sangat mendukung kemajuan UMKM di Sumatera Barat” ujar Dodi. Menurut politisi dari Partai Amanat Nasional ini, kedepannya diharapkan akan lebih sering lagi kegiatan seperti ini. “Jangan natal dan tahun baru saja pak, akan tetapi kalau bisa di setiap momen keagamaan lainnya juga ada bazar seperti ini” harap Dodi.

Kepala Cabang Bank Nagari Siteba Mohidin Sadar dalam sambutannya mengatakan Bank Nagari siap menyalurkan dana pembiayaan buat UMKM melalui dana KUR. “Untuk tahun ini kita sudah salurkan dana KUR sebesar 1,4 triliun” ujar Mohidin.

Dana KUR mempunyai bunga yang jauh lebih rendah dari pinjaman lainnya. Bahkan pencairan dana KUR 500 juta jaminannya cukup 250 juta, ujarnya.

Ketua Koperasi Anak Nagari Minangkabau Firianti Takarina dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Eksekutif GM Angkasa Pura yang sudah memberikan tempat buat anggota koperasi yang dipimpinnya. “Terima kasih bapak Siswanto atas tempat yang sudah diberikan,” ujar Rina. Dia berharap agar sistem bagi hasilnya bisa direvisi lagi.

“Terima kasih juga kepada Kadisperindag yang sudah membina UMKM selama ini” ujarnya. Mudah-mudahan UMKM Sumbar bisa naik kelas, lanjut Rina.

Eksekutif GM PT Angkasa Pura II Siswanto mengatakan bazar ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II. “Insya Allah kedepan volume kegiatan akan kita tingkatkan” ujar Siswanto.

Saat ini PT Angkasa Pura II mempunyai aplikasi Padi atau Pasar Digital. Sasaran dari pasar digital ini adalah para pelaku UMKM. “PT Angkasa Pura II ada 20 cabang, dan setiap cabang diwajibkan untuk belanja produk UMKM” ujar Siswanto. Menanggapi permintaan Ketua Koperasi Anak Nagari Minangkabau, Siswanto berjanji akan memikirkannya.

Rafdinal, salah seorang peserta bazar mengatakan sangat bersyukur bisa dikasih tempat di bandara kebanggaan orang Minang ini. Menurut Rafdinal, Randang Zara dan Bumbu Mandhe sudah lolos kurasi untuk pengiriman Randang ke Mesir. “Alhamdulillah selangkah lagi produk kami akan menembus pasar internasional” ujar Rafdinal. MM

scroll to top