Jelang Pilkada Serentak 2024, Kapolda Jambi Buka Kegiatan Rakor Lintas Sektoral

IMG-20240807-WA0076_b84rBJW33e.jpeg

JAMBI.(Benuanews.com)-Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono membuka dan memimpin kegiatan Rakor Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Jambi pada Rabu, (07/08/2024)

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel BW Luxury Jambi tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur Jambi H. Al Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen Rachmat, Kabinda Jambi Brigjen Pol. Irawan David Syah, Kajati Jambi Hermon Dekristo, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi Herdi Agusten, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi Abdul Hakim, Wakapolda Jambi Brigjen Pol. Edi Mardianto serta instansi terkait lainnya.

Pada kegiatan tersebut Kapolda Jambi memberikan arahan dan pernyataan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024.

” Tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini agar POLRI bersama TNI, penyelenggara Pemilu dan Stakeholder terkait lainnya senantiasa bersinergi dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan peranan masing-masing, sehingga pelaksanaan Pengamanan Pilkada tahun 2024 dapat terlaksana dengan aman, damai, sejuk dan bermartabat di Provinsi Jambi.” Ucap Kapolda Jambi

Lebih lanjut, Kapolda Jambi turut menyampaikan beberapa aspek yang akan ditingkatkan agar pengamanan Pilkada Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik yaitu

1) Pada Aspek Politik

a) Melaksanakan cipta kondisi guna membangun komunikasi yang efektif agar Pilkada tahun 2024 dimaknai secara bersama-sama.

b) Mengoptimalkan pendekatan terhadap para tokoh ulama, tokoh masyarakat, untuk ikut terlibat dalam mendinginkan suasana dan memberikan pencerahan kepada masyarakat.

c) Update pemetaan dan kontra terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh oknum elit-elit partai politik dan bakal calon yang cenderung membuat kegaduhan dengan mengangkat isu-isu sensitif (politik identitas, intoleran dan lain sebagainya).

2) Pada Aspek Ekonomi

a) Menggelorakan kemandirian ekonomi pada masing-masing bidang guna meningkatkan stabilitas perekonomian di Provinsi Jambi.

b) Memaksimalkan deteksi aksi ketersediaan bahan pokok, energi dan gas secara berkelanjutan serta bahan pokok penting lainnya.

3) Pada Aspek Sosial Buday

a) Secara bersama melakukan update pemetaan dan guna antisipasi potensi konflik antar kelompok, organisasi masyarakat, organisasi kemasyarakatan pemuda, tim sukses/pemenangan.

b) Mengantisipasi kerawanan yang diperkirakan terjadi dengan memanfaatkan tempat ibadah sebagai panggung politik (terselubung) dan menghimbau para pemuka agama untuk tidak menjadikan tempat ibadah sebagai tempat sarana politik dan kampanye.

4) Pada Aspek Keamanan

a) Peningkatan identifikasi dan deteksi aksi terhadap sel-sel tidur teroris dengan memanfaatkan jaringan informasi pemanfaatan IT dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas Bapulbaket, Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Kades, Babinsa, Toga dan Tomas serta elemen masyarakat lainnya.

b) Peningkatan deteksi Cyber dalam rangka mengungkap kejahatan IT dalam Pilkada Tahun 2024.

scroll to top