Heroik, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Waris Bantu Anak Sekolah Sebrangi Sungai Kalipay Papua

WhatsApp-Image-2020-11-25-at-19.10.08.jpeg

Keerom (benuanews.com) – Sungai Kalipay yang terletak di Kampung Paitenda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Untuk menuju ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kanandega anak-anak harus melintasi Sungai Kalipay dengan debit air yang cukup deras, karena belum adanya sarana penyebrangan berupa jembatan. Rabu,(25/11/2020).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq mengatakan bahwa melihat hal itu, personel Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG sektor Utara Yonif Raider 100/PS dibawah pimpinan Letda Inf Muhammad Fauzan Yusuf, S.Tr. (Han) selaku Danpos, berinisiatif membantu anak-anak yang akan berangkat dan kembali dari sekolah menyebrangi Sungai Kalipay, “Kegiatan membantu anak-anak menyeberangi Sungai Kalipay ini dipimpin oleh Serda Haikal selaku Danru Pos Waris bersama Pratu Mansur dan Pratu Amin Rais anggotanya,” ungkapnya.

“Bantuan yang kami berikan ini untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa saat banjir bandang secara tiba-tiba yang disebabkan curah hujan tinggi terus-menerus setiap hari, dan membantu anak anak bersekolah yang harus melewati Sungai Kalipay tersebut, rencananya kami akan melaksanakan Bimbel Kepada anak-anak di kampung, saat Jalan mendekati sungai kami melihat anak-anak sekolah tidak bisa menyebrang karena Air deras, akhirnya kami membantu anak-anak tersebut, karena disana tidak ada jembatan,apabila Hujan deras sungai jadi tidak bisa dilewati.” ungkapnya lebih lanjut.

“Panggilan kemanusiaan dan kepedulian terhadap warga perbatasan yang kami kedepankan dalam kegiatan ini, khususnya kepada anak-anak selaku generasi penerus Bangsa, mereka tidak memiliki pilihan lain karena akses satu-satunya untuk berangkat dan kembali dari sekolah harus melintasi Sungai Kalipay,” imbuhnya.

“Tidak hanya anak-anak sekolah, bahkan warga masyarakat yang berada di seberang sungaipun harus terisolir bila air sedang meluap dengan disertai arus yang sangat deras, waktu sekolah untuk menuntut ilmu sering kali terbuang sia-sia bila aktifitas mereka terkendala dengan derasnya arus sungai saat hujan terus-menerus di daerah tersebut,” tambah Dansatgas.

Letda Inf Muhammad Fauzan Yusuf, S.Tr. (Han) selaku Danpos Waris mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindakan antisipasi yang dilakukan oleh personel Pos Waris untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
“Kegiatan ini merupakan tindakan antisipasi karena Sungai Kalipay sering meluap dan banjir besar pada musim penghujan yang terus menerus seperti yang sekarang ini, sehingga menyulitkan aktivitas masyarakat,” ugkapnya.

Sementara itu, Bapak Andrianus Meho (59) selaku Kepala Dusun Paitenda menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Waris Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS atas bantuan yang telah diberikan kepada anak-anak mereka.
“Saya selaku Kepala Dusun Paitenda mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan bantuan sosial terhadap kami masyarakat Paitenda berupa menyeberangkan anak-anak kami untuk pergi ke sekolah, kelak mereka nanti menjadi penerus Bangsa Indonesia,” ucapnya.(tim)

scroll to top